Bebas dari Sandera Abu Sayyaf, Yohanis Serang Bersaksi di Gereja

Nasional / 25 April 2016

Kalangan Sendiri

Bebas dari Sandera Abu Sayyaf, Yohanis Serang Bersaksi di Gereja

Lori Official Writer
12605

Yohanis Serang (34) adalah satu dari lima awak Buah Kapal (ABK) Tugboat Henry yang selamat dari sanderaan Abu Sayyaf di perairan Filipina. Selepas kepulangan Yohanis di kampung halaman, Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara pada Sabtu, 23 April 2016, dia lalu membagikan kesaksian dalam ibadah di Gereja Toraja Jemaat Juata Tarakan di Jalan Aki Balak, Karang Anyar, Tarakan Barat pada Minggu (24/4).

Di depan jemaat gereja, Yohanis menuturkan kisah hidupnya selama berlayar dalam peristiwa pembajakan kapal Tugboat Henry di perairan Tawi-Tawi Filipina. Kesempatan itu menjadi bentuk ungkapan syukur atas kesempatan hidup yang masih Tuhan berikan. “Saya sudah ditolong Tuhan. Saya bisa selamat, terhindar dari maut. Saya sangat bersyukur. Tuhan ikut campur tangan menolong saya,” ucapnya, seperti dilansir Tribunnews.com.

Seperti diketahui, Yohanis dan awak kapal ABK TB Henry diduga dibajak kelompok Abu Sayyaf saat memasuki perairan Filipina-Malaysia, tepatnya di sekitar wilayah Tawi-Tawi. Saat itu sekelompok orang bersenjata laras panjang dan berpakaian loreng tua warna pudar tanpa penutup wajah naik ke atas kapal dan menyandera sejumlah awak kapal.

Untungnya, Yohanis berhasil menyelamatkan diri dengan melarikan diri saat kelompok tersebut mulai masuk kapal. Dia mulai bersembunyi di kamar mesin selama kelompok Abu Saayaf berada di sana. Kemudian naik ke atas kapal setelah keributan tak lagi terdengar.

Berselang 30 menit kemudian, Polisi Maritim Malaysia segera datang dan memberikan pertolongan. Saat itulah sebanyak lima awak kapal TB Henry dievakuasi, termasuk satu diantaranya tertembak di bagian dada.   

Saat ini Yohanis Serang sudah berkumpul kembali dengan istri dan kedua anaknya. Dia diketahui adalah karyawan TP Global Trans Energy yang sudah bekerja selama tiga tahun.

Sumber : Tribunnews.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami