Pengajuan Visa Anda Ditolak? Lakukan 5 Tips Jitu Ini
Sumber: www.tangerinetravel.com

Entertainment / 25 April 2016

Kalangan Sendiri

Pengajuan Visa Anda Ditolak? Lakukan 5 Tips Jitu Ini

Lori Official Writer
3578

Untuk bepergian ke luar negeri diperlukan pembuatan Visa dari negara tujuan. Sayangnya, prosedur yang panjang dan rumit sering kali membuat banyak pengajuan visa ditolak. Visa ini berfungsi sebagai bukti ijin suatu negara memasuki wilayah tertentu karena setiap negara memiliki otoritas tertentu terkait garis batas negara yang tidak bisa dilintasi.

Jadi untuk berhasil mengajukan visa, ada lima tips jitu yang bisa dilakukan, seperti:

1. Catatan perjalanan yang cukup

 Terkait poin ini, minimal harus ada tiga cap negara di paspor. Meski tak selalu bersifat mutlak, namun catatan bepergian bisa jadi salah satu dari banyak faktor pertimbangan persetujuan visa. Karenanya, lakukan perjalanan ke negara non-visa terlebih dahulu sebelum 'menyeberang'.

2. Riwayat pekerjaan yang baik

Ini bisa menjadi pertimbangan penting bagi kedutaan untuk mengijinkan pengajuan visa Anda. Untuk itu, buatlah riwayat pekerjaan secara tertulis selama satu tahun di perusahaan yang sama. Anda akan dianggap layak masuk ke suatu negara apabila identitas Anda sebagai pekerja terbilang baik.

3. Tabungan sesuai ketentuan

Dalam pengajuan visa, kondisi tabungan juga menjadi syarat mutlak. Biasanya para pengaju visa dipastikan harus memiliki tabungan kurang lebih 50 dolar Amerika Serikat. Jumlah ini baru dikalikan dengan lama perjalanan. Sebelum bepergian, sebaiknya lakukan kalkulasi agar jalur persetujuan visa semakin mudah. Selain itu, uang tersebut juga bisa menjadi salah satu biaya simpanan atau uang jaga-jaga jika sesuatu hal terjadi saat melakukan perjalanan.

4. Semua persyaratan sesuai prosedur

Setelah ketiga persyaratan di atas terpenuhi, sekarang tinggal memerhatikan syarat secara teknis. Lengkapilah dokumen-dokumen lainnya seperti pas foto, formulir, surat keterangan hingga copy rekening yang diminta dalam persyaratan.

5. Persiapkan diri untuk tahap wawancara

Pastikan segala persyaratan sudah terpenuhi sesuai dengan ketentuan dari pihak bersangkutan. Setelah melewati tahap tersebut, persiapkan diri menghadapi tahap wawancara. Pastikan berpenampilan rapi dan sopan. Saat Anda diajukan berbagai pertanyaan, jawablah dengan jelas dan jujur.

Jika seluruh persyaratan terpenuhi dan petugas kedutaan bersangkutan puas dengan seluruh jawaban Anda saat wawancara, Anda akan diberi lembaran kertas berisi informasi bahwa permohonan disetujui dan Anda akan menerima visa sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Namun bagi pengajuan visa yang tidak disetujui biasanya akan diberi kertas berisi keterangan tentang prosedur yang harus dilengkapi atau perlu ditunda lantaran membutuhkan dokumen pendukung lainnya.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami