Lima Cara Bagi Karyawan Pemalu Berbagi Ide Saat Meeting
Sumber: cikerja.blogspot.com

Career / 20 April 2016

Kalangan Sendiri

Lima Cara Bagi Karyawan Pemalu Berbagi Ide Saat Meeting

Mega Permata Official Writer
5862

Beberapa karyawan yang cenderung pemalu atau sedikit tertutup sangat kesulitan untuk inisiatif mengeluarkan pendapat atau ide-ide ketika meeting berlangsung. Terkadang, atasan terlebih dulu memberikan pertanyaan sehingga baru bisa menyampaikan ide-ide. Atau seringkali kita memberitahu ide ke rekan kerja, tanpa diketahui sang rekan kerja memakai ide kita dan menyampaikannya ke atasan anda. Sungguh menyesakkan hati bukan?

Debra Wheatman, Presiden dari Careers Done Write mengatakan, ada lima cara agar anda dapat dengan mudah menyampaikan aspirasi anda di kantor tanpa malu-malu, berikut uraiannya;

Pertama, Menjadi Pendengar

Tentunya sebelum anda berani memberikan pendapat, pastikan anda mendengar dan mengerti mengenai apa yang menjadi permasalahan. Jangan sampai orang lain atau rekan kerja anda mengganggap anda seperti tong kososng nyaring bunyinya, maka tidak salahnya ada coba mendengar dan memperhatikan.

Kedua, Bersedia Mengganti Aspirasi Anda

Terbukalah akan informasi baru dan situasi yang berubah. Jika anda bersikeras dengan pendapat anda tanpa melihat situasi lain, reputasi anda akan terancam dan di cap sebagai karyawan keras kepala.

Ketiga, Hargai Pendapat Orang Lain

Tetap mejadi karyawan yang objektif. Janganlah mengeluarkan opini mengenai segala hal atau sampai ke hal pribadi pula. Hargai juga pendapat orang, berpikirlah kalau pendapat kita tidak dihargai oleh orang lain. jika tidak maka orang lain akan melihat anda orang yang sok tahu.

Keempat, Lihat Situasi

Perhatikan dengan baik-baik iklim budaya di kantor dan kepribadian orang-orang tersebut. Ketahuilah waktu untuk berbagi dan waktu untuk menyimpan ide bagi diri anda sendiri.

Kelima, Keluar Dari Zona Aman

Keluarlah dari zona aman anda dan berani mengangkat tangan jika memang anda memiliki pendapat yang berbobot dan bermanfaat. Biarkan sang atasan menaruh rasa terkesan pada diri anda yang pemalu ini dengan mengangkat tangan dan memberikan sedikit pendapat. Siapa tahu anda langsung dipromosikannya. Tetaplah berpikir positif dan jangan malu-malu.

Sumber : kompas.com/jawaban.com/em
Halaman :
1

Ikuti Kami