Inilah 8 Benda di Rumah, Penyebab Anda Lelah Seharian (1)

Health / 20 April 2016

Kalangan Sendiri

Inilah 8 Benda di Rumah, Penyebab Anda Lelah Seharian (1)

daniel.tanamal Official Writer
2579

Sahabat tahukah anda bahwa kurang tidur ternyata bukan satu-satunya penyebab Anda merasa lelah seharian. Besar kemungkinan rumah Anda pun ikut bertanggung jawab terhadap hal tersebut. Bila Anda merasa sudah makan dengan baik, berolahraga, mendapat tidur cukup, namun tetap merasa lelah dan lesu, Anda perlu melihat keadaan di dalam rumah.

Meski terkesan aneh, gaya hidup, barang-barang rumah tangga, bahkan dekorasi rumah bisa jadi penyebab Anda selalu merasa lelah. Berikut delapan hal di rumah yang bisa membuat Anda lemah, letih, dan lesu, dilansir dari laman Sheknows, Kamis (31/3/2016):

1 Televisi
Tv bisa membahayakan Anda. Cahaya artifisial dari layarnya bisa menurunkan kadar melatonin, zat yang dilepaskan otak yang membuat Anda mengantuk. Ini juga bisa menyebabkan kondisi tidur REM Anda terganggu.

2 Mesin pembuat kopi
Mesin pembuat kopi di rumah Anda juga bisa membuat Anda merasa lelah di siang hari. Kopi memang bisa jadi stimulan dan membuat terjaga setiap pagi. Anda perlu tahu bahwa efek tersebut hanya sementara dan berakhir di pertengahan hari. Pada beberapa individu, kopi malah bisa menyebabkan efek sebaliknya, membuat mengantuk dan lelah.

3 Koneksi wi-fi
Koneksi wi-fi bisa menyebabkan insomnia. Beberapa orang memang mempertanyakan keamanan wi-fi. Menurut mereka paparan medan elektromagnetik dari ponsel, komputer, wi-fi, dan perangkat elektronik lainnya adalah salah satu faktor yang membuat terjaga semalaman.Kurang tidur bisa berujung pada perasaan letih dan lesu.

4 AC
Pernahkah Anda menghabiskan waktu di ruangan ber-AC seharian lalu kemudian merasa letih dan sakit kepala? Bagi banyak individu, gejala ini akan hilang setelah mereka meninggalkan area tersebut. Fenomena itu biasa dikaitkan dengan "sick building syndrome" dengan AC sebagai penyebab utama penyakit. Menurut studi yang diterbitkan International Journal of Epidemiology, mereka yang bekerja di gedung-gedung ber-AC memperlihatkan gejala gangguan kesehatan ketimbang mereka yang bekerja di kantor tanpa AC.


Sumber : Liputan6
Halaman :
1

Ikuti Kami