Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

mega.permata

Official Writer
1873


Mengajarkan anak untuk menggosok gigi adalah hal yang membutuhkan kesabaran, karena rata-rata anak-anak susah untuk diatur dan menurut. Untuk menanamkan kebiasaan menggosok gigi pada anak juga cukup sulit. Namun jika menggosok gigi terus diajarkan maka itu akan menjadi kebiasaan yang baik. Kebiasaan menggosok gigi adalah kebiasaan sehat yang perlu dilakukan anak untuk menjaga kebersihan mulut dan giginya. Apalagi jika usia anak semakin bertambah dan sudah mulai mengkonsumsi berbagai jenis makanan. Yang biasa dikonsumsi oleh anak-anak adalah seperti makanan manis, dimana makanan manis tersebut dapat merusak kesehatan gigi si kecil, seperti gigi berlubang, gigi keropos berwarna hitam hingga bau mulut tak sedap. Untuk itulah penting sekali untuk setiap orang tua mengajarkan pentingnya menggosok gigi teratur kepada anak.

Pertama, Ajarkan Pentingnya Kesehatan Mulut dan Gigi

Berikan alasan serta penjelasan mengapa mereka harus teratur menggosok gigi. Beritahu mereka bahwa bakteri dapat berkumpul di mulut jika mereka tidak menyikat gigi. Bakteri itu akan membuat gigi rapuh dan gusi membengkak. Karena itu dengan menggosok gigi, para bakteri akan hilang, kesehatan mulut dan gigi pun terjaga.

Kedua, Menggosok Gigi Dengan Cara Yang Menyenangkan

Jelaskan pada anak pentingnya menggosok gigi untuk membasmi monster atau bakteri dan sisa-sisa makanan yang bersarang pada gigi yang dapat mengakibatkan sakit gigi. Untuk membuat hal ini menjadi lebih menarik, sebelumnya anda bisa memberikan cerita-cerita menarik seputar gigi atau menggambar bentuk gigi yang hancur akibat ulah si monster. Dengan hal tersebut anak anda akan tertarik untuk mencoba menggosok gigi dan merawat kesehatan mulutnya.

Ketiga, Menggosok Gigi Bersama-sama

Menurut para ahli, salah satu metode untuk mendidik anak adalah ‘modeling’. Yaitu dengan memberi contoh. Cara ini dikatakan lebih banyak berhasil membuat anak-anak mau menggosok gigi ketimbang orang tua yang hanya menyuruh tanpa mendampingi mereka.

Keempat, Ajak Sang Anak Memilih Sikat Gigi dan Pasta Giginya Sendiri

Agar minat anak semakin besar dan rajin menggosok gigi, biarkan mereka yang menentukan pasta gigi dan sikat giginya sepeti yang mereka inginkan. Jadi ajaklah anak untuk memilih salah satu yang mereka inginkan, mulai dari sikat gigi, pasta gigi, penutup kepala sikat gigi, gelas plastil tempat brkumur dan tempat menyimpan sikat gigi.

Kelima, Khusus Balita Tidak Menggunakan Pasta Gigi

Meskipun banyak pasta gigi yang mengklaim aman bagi anak-anak, namun khusus balita, dimana pasta gigi yang terbuat dari campuran bahan kimia, akan dapat menimbulkan efek samping bagi mulut sang balita. Sehingga, cukup gunakan sikat gigi yang lembut saja dan menggunakan air hangat atau air matang. Pasalnya sang balita belum bisa berkumur dan belum bisa meludah dengan baik, jadi gunakan air matang.

Ciptakan suasana yang menyenangkan saat mengajarkan anak-anak anda menggosok gigi dengan menggunakan cara kreatif lainnya. Perlu diingat, setelah menggosok gigi usahakan sang anak tidak lagi mengkonsumsi makanan seperti saat sebelum tidur, apabila anak anda makan makanan lagi, ajarkan mereka untuk tetap sikat gigi setelahnya. Begitupun saat dipagi hari, setelah bangun tidur ingatkan anak anda untuk menggosok gigi. 

Sumber : berbagai sumber/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Fahri Rusman 24 June 2019 - 02:07:31

skimcare

0 Answer

Risma surbakti 23 June 2019 - 15:50:00

Relansionsip

0 Answer

Fendy 46 22 June 2019 - 00:50:57

Kegiatan ekonomi adalah

0 Answer


Yu55 Ch4nnel 28 May 2019 - 16:51:25
Bertahun2 saya meninggalkan Tuhan Yesus,hanyut dng... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

Dendank 15 May 2019 - 19:54:05
Saat Ini saya sangat membutuhkan Dana 400 ribu unt... more..

Dendank 15 May 2019 - 19:54:04
Saat Ini saya sangat membutuhkan Dana 400 ribu unt... more..

Banner Fun Run (2)


7257

Banner mitra Juni week 4