5 Makanan Tepat Untuk Disantap Saat Kelelahan

5 Makanan Tepat Untuk Disantap Saat Kelelahan

Lori Official Writer
2514

Rasa lelah dan capek menyerang Anda di pagi hari? Kekurangan nutrisi dan gaya hidup seperti kurang tidur, kurang asupan kafein dan terlalu banyak mengkonsumsi alkohol merupakan beberapa faktor penyebab utamanya. Selain itu, masalah keselahatan lain juga bisa menjadi pemicu tubuh menjadi lelah dan letih, seperti penyakit obesitas, masalah ginjal, diabetes, gangguan kelebjar tiroid, kecemasan dan depresi. Rasa lelah ini akan sangat menguras energi Anda dan masalah ini bisa menjadi awal dari masalah kesehatan yang lebih buruk.

Agar energi cukup sepanjang hari, kita perlu memperhatikan jenis makanan apa yang harus kita konsumsi. Ada beberapa makanan yang memang disarankan khusus untuk memenuhi asupan energi dalam tubuh dan mampu memulihkan kelelahan, diantaranya seperti dikutip dari Boldsky.com ini.

1. Labu Biji

Biji labu mengandung banyak protein, vitamin dan asam lemak omega 3. Semua nutrisi ini mengandung banyak energi instan dan ampuh mengusir gejala kelelahan dan rasa capek di sekujur tubuh.

2. Kacang Walnut

Kacang Walnut punya sejumlah khasiat hebat yang belum diketahui banyak orang. Kacang yang kaya antioksidan ini diketahui sangat bermanfaat untuk meningkatkan energi tubuh. Walnut juga kaya akan protein, vitamin dan asam lemak omega-3 yang mampu membantu meringankan gejala kelelahan.

3. Oatmeal

Oatmeal sangat kaya akan protein, mangan, fosfor dan vitamin B1 yang berfungsi untuk meningkatkan energi. Eatmeal juga mengandung serat dan karbohidrat tinggi yang menjadi salah satu sumber energi yang dibutuhkan tubuh.

4. Yoghurt

Yoghurt adalah sumber protein dan karbohidrat yang sangat tinggi. Bakteri probiotik yang ada dalam Yoghurt berfungsi untuk melawan gejala kelelahan. Yoghurt merupakan sumber penambah energi tubuh dan juga menjaga kesehatan pencernaan.

5. Semangka

Semangka merupakan jenis buah berair yang sebagian besar jenis buahnya berwarna merah. Buah ini sangat cocok dikonsumsi data udara terasa sangat panas atau saat siang hari yang terik. Kandungan energi di dalamnya membuat buah segar yang satu ini kerap menjadi hidangan pembuka ataupun penutup saat makan. Kandungan air dan elektrolit yang tinggi bermanfaat untuk mencegah dehidrasi dalam tubuh dan bisa menjadi pengganti air mineral biasa.

Sumber : Boldsky.com/jawaban.com/ls

Ikuti Kami