Simak, 4 Hal Sikap Mencerminkan Anda Sungguh Menghargai Pasangan
Sumber: www.mysahana.org

Marriage / 8 April 2016

Kalangan Sendiri

Simak, 4 Hal Sikap Mencerminkan Anda Sungguh Menghargai Pasangan

Mega Permata Official Writer
7609

Jika anda ingin menjalin sebuah hubungan yang bertahan lama dan berhasil, anda harus memulainya atas dasar sikap saling menghargai. Anda harus bisa melihat diri sendiri dan pasangan anda sebagai sebuah tim dan anda harus bisa menjadi orang yang mampu bertenggang rasa, jujur, dan penuh kasih sayang. Akan tetapi tidak ada seorang pun yang sempurna, dan anda harus bersedia meminta maaf dengan tulus jika anda melakukan kesalahan. Jika anda dan pasangan mau berusaha, anda berdua bisa memiliki hubungan yang bahagia dan saling menghargai. 

Didalam pelaksanaannya untuk menghargai pasangan terkadang tidak terlalu sulit diberikan, namun apakah anda juga merasakan hal yang sama ketika anda melihat sebuah kebodohan atau kelemahan pasangan di hadapan anda? Berikut adalah perilaku yang mencerminkan sikap menghargai anda terhadap pasangan.

Pertama,  Menghilangkan Prasangka Buruk

Pemikiran negatif dalam hubungan kerap terjadi. Cinta harus diimbangi dengan pemikiran secara logis, seharusnya tidak ada keraguan lagi jika selama ini cinta diantara kalian tidak pernah ternodai. Dari hal tersebut bahwa prasangka buruk seharusnya bisa dihilangkan. Tetapi bila cinta kalian pernah ternodai, memang memerlukan kekuatan kepercayaan, komitmen, serta konsekuensi dari perbuatan tersebut. Hal ini menunjukkan sikap menghargai kepercayaan yang telah anda sepakati dengan pasangan semenjak menikah.

Kedua,  Mendengarkan Pasangan Anda

Mendengar adalah sebuah keahlian yang banyak tidak dimiliki oleh banyak orang dalam kehidupan masa kini yang penuh dengan pekerjaan dan perkembangan teknologi. Mendengarkan pasangan dengan sungguh-sungguh menunjukkan perhargaan yang tulus kepada pasangan anda. Dimana yang berarti anda harus benar-benar menyediakan waktu memberikan perhatian pada hal-hal yang pasangan anda bicarakan, menghargai pemikirannya, pengalamannya atau gagasannya. 

Contohnya saat anda dalam sebuah percakapan serius. Letakan dulu ponsel anda, tataplah matanya dan jangan melihat ke sekeliling ruangan. Berikan perhatian penuh kepada pasangan anda saat ia sedang berbicara. Ataupun, anda bisa mengulang perkataannya atau dengan kata-kata anda sendiri untuk membuktikan jika anda sungguh-sungguh mendengar dan mengerti. 

Ketiga,  Mendukung Pasangan Anda

Dengan anda mendukung pasangan maka anda juga menghargai dia sebagai pasangan anda. Anda harus mendukung dan siap membantu dia untuk mencapai kemampuan terbaikknya dan dapat mewujudkan mimpi-mimpinya. Dengan cara anda tidak boleh menganggap pasangan anda sebagai orang tidak bisa meraih mimpi-mimpinya. Melainkan, anda harus menjadi bagian dari mewujudkan mimpi-mimpinya tersebut. Mendorongnya untuk bisa menjadi lebih baik lagi dan memberikan semangat kepadanya.

Keempat,  Mencintai dan Menerima Pasangan Apa Adanya

Ketika seseorang mencintai pasti dia berupaya keras untuk memberikan apa yang terbaik bagi belahan hatinya. Untuk mencapai keutuhan cinta diperlukan sebuah proses yang cukup rumit untuk mendapatkannya, salah satunya yaitu melewati sisi buruk pasangan. Cinta yang kuat adalah cinta yang mampu mencintai kelemahan dari pasangannya. Sikap yang mencerminkan menghargai pasangan yaitu tidak memaksa dia untuk berubah melainkan menerima perbedaan dan sama-sama belajar untuk menjadi pasangan yang baik satu sama lain. 

Sikap saling menghargai sangat dibutuhkan dalam pernikahan, sebab tanpa sikap saling menghargai pasangan, pernikahan hanya memiliki tujuan yang bertolak belakang. Sudahkah anda menghargai pasangan hari ini?

Sumber : berbagai sumber/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami