Ayo Mulai Investasikan Mata Uang Asing Anda dengan Cara Ini

Finance / 30 March 2016

Kalangan Sendiri

Ayo Mulai Investasikan Mata Uang Asing Anda dengan Cara Ini

Mega Permata Official Writer
4219

Setiap orang yang memiliki idle fund, pasti menginginkan agar bisa menginvestasikannya di produk yang menguntungkan namun aman dan terproteksi. Menginvestasikan uang lebih anda ke dalam mata uang asing berarti anda mengunci jumlah mata uang asing yang anda butuhkan di masa mendatang dan tidak perlu kuatir tentang pergerakan nilai mata uang. Anda juga dapat memperoleh imbal hasil lebih saat mata uang asing tersebut meningkat nilainya dibanding Rupiah. Berikut cara berinvestasi dalam mata uang asing;

Pertama, Buka Rekening Mata Uang Asing

Beberapa mata uang asing yang cukup diminati misalnya dolar amerika (USD), Euro, Dolar Singapura (SPD), Dolar Australia (AUD), serta Yen Jepang (JPY). Supaya anda mendapat membuka rekening dalam salah satu mata uang ini, anda harus mengkonversikan Rupiah yang anda miliki, baik melalui bank atau Money Changer, yang biasanya memberikan nilai tukar lebih baik. Kemudian memasukkannya ke dalam rekening.

Kedua, Coba Membuka Multi Currency Account

Langkah kedua ini merupakan rekening tabungan dalam Rupiah dan beberapa mata uang asing lainnya. Keuntungan memiliki Multi Currency Account ini adalah anda dapat mengurangi resiko jika salah satu mata uang mengalami pelemahan nilai. Saat itu terjadi, anda dapat menghubungi bank untuk melakukan konversi antar mata uang.

Ketiga, Memilih Produk Investasi

Sama seperti dalam Rupiah, anda dapat berinvestasi dalam bentuk deposito, obligasi pemerintah serta reksadana dalam mata uang asing. Ada juga investasi non-tradisional seperti Currency Linked Investment yang menggabungkan kemungkinan mendapat imbal hasil dari menabung sebagian uang anda dalam mata uang asing tertentu dan memperoleh suku bunga lebih tinggi dari negara lain.

Meski bunganya bisa lebih tinggi dibandingkan deposito biasa, produk ini juga mempunyai resiko yang tergantung dari nilai tukar uang. Selalu pelajari tentang produk yang anda ingin pilih dan konsultasikan dengan staf di bank tersebut.

Investasi dalam mata uang asing dapat menjadi strategi bagus untuk menambah keragaman investasi anda. Dengan beberapa mata uang bisa mengalami penguatan hingga 12 persen dalam satu tahunnya, memilih strategi investasi ini bisa membuahkan hasil yang cukup baik.

Sumber : berbagai sumber/Jawaban.com/em
Halaman :
1

Ikuti Kami