Enam Kelebihan Kedekatan antara Ibu dan Anak Laki-Laki
Sumber: www.everydayfamily.com

Parenting / 28 March 2016

Kalangan Sendiri

Enam Kelebihan Kedekatan antara Ibu dan Anak Laki-Laki

Mega Permata Official Writer
10737

Dalam setiap rumah tangga, peran ibu sangat diperlukan. Sebaik-baiknya seorang ayah, dia tidak akan bisa menggantikan peran ibu. Kepekaan, kasih sayang dan kelemah-lembutannya lah yang tidak dimiliki oleh seorang ibu. Bagi anak-anak, karena kesabaran dan kepekaannya, ibu sering dipakai sebagai tempat mencurahkan segala beban dan permasalahan hidupnya, kadang pula kedekatan seorang anak terhadap ayahnya tidak bisa mengalahkan kedekatannya kepada si ibu.

Khusus bagi anak laki-laki, Ibu adalah cinta pertama dan sejatinya, sosok yang dapat mendidiknya untuk menjadi pribadi yang penuh kasih dan bertanggung jawab. Ada banyak manfaat pada anak laki-laki yang bisa diperoleh dari kedekatan dengan ibunya, antara lain;

Pertama, Kesempatan Mendapat Nilai Akademik yang lebih baik

Sebuah penelitian yang melibatkan 400 anak diusia sekolah menengah pada sekolah umum di New York mengindikasikan bahwa anak laki-laki yang memiliki kedekatan jalinan dengan ibunya terbukti menjadikan anak tidak mudah cemas dan depresi. 

Selain itu mereka mendapat nilai yang lebih baik di bidang akademik, dibanding teman sebayanya yang tidak memiliki kedekatan hubungan dengan ibu-ibu mereka.

Kedua, Kecerdasan Emosi dan Empati

Kedekatan dengan ibu membuat anak bebas mengenali dan mengekspresikan emosinya. Ketika melihat orang lain merasakan emosi tertentu, ia akan mudah berempati karena memahami bagaimana perasaan orang tersebut. Begitu pula ketika ia lebih tahu rasa tidak nyaman seperti apa saat ia rasakan. 

Ketiga, Menjadi Pasangan Yang Penuh Empati Pada Keluarga

Menurut Dr William Pollack, seorang professor psikologi dari Universitas Harvard, anak laki-laki yang dekat pada ibunya cenderung tidak akan enggan membantu dan mengerjakan pekerjaan rumah tangga seperti memasak, atau membersihkan kamar pribadi.

Keempat, Memiliki Kesempatan Sukses Dalam Pekerjaan

Kondisi ekonomi saat ini lebih menyukai pekerja dengan kemampuan komunikasi yang kuat dan kecerdasan emosi yang tinggi, dibanding kemampuan fisik.

Kelima, Memiliki Paham yang Seimbang Tentang Maskulinitas

Pandangan berbeda tentang maskulinitas dimiliki oleh anak-anak yang bias dekat dengan ibunya. Mereka memandang sifat ini dengan lebih seimbang, tentu saja jauh dari pandangan bahwa menjadi laki-laki tidak boleh menangis, memiliki tingkat emosi yang rendah dan selalu terlihat kuat. 

Keenam, Mendapatkan Pasangan Hidup Seperti Sosok Ibunya

Di masa dewasa anak akan mengidamkan sosok perempuan ideal yang mirip dengan sifat ibunya. Sang anak laki-laki mengidamkan akan diperlakukan istrinya seperti sang ibu memperlakukan dirinya.

Jadi jauhkan pemikiran untuk tidak terlalu memanjakan anak khususnya anak laki-laki. Tidak peduli anak perempuan atau laki-laki, mereka harus dekat dengan peran orangtuanya. Berikan porsi-porsi didikan atau ajaran yang pas untuk anak anda. Bila anda salah mendidik, hal tersebut juga akan berdampak pada masa depannya. Buatlah anak-anak anda berkarakter baik. 

Sumber : id.theasianparent.com/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami