Ayo Coba Investasi Saham Dengan 6 Tips Ini

Ayo Coba Investasi Saham Dengan 6 Tips Ini

Mega Permata Official Writer
3038

Investasi saham sudah mulai dilirik oleh masyarakat Indonesia. Investasi saham adalah investasi terbaik yang dapat anda pilih. Hal ini benar adanya karena keuntungan yang dijanjikan investasi ini terbilang sangat besar. Seorang investor saham dapat meraup keuntungan hingga 8000 persen.

Demikian juga dengan keuntungan besar yang dijanjikan tersebut pasti ada resiko yang harus dihadapi investor saham yang juga sama besarnya. Ada kemungkinan bila seorang investor dapat kehilangan semua dana yang tanamkan bila mereka salah mengambil langkah.  Investasi saham cocok untuk anda yang memiliki rencana investasi jangka panjang lebih dari 5 tahun. Untuk anda yang ingin menjadi investor pemula, berikut yang harus diperhatikan saat akan mencoba investasi saham ini;

Pertama, Memilih Saham

Untuk investor pemula sebaiknya memilih saham dari perusahaan yang memang sudah dikenal dan stabil. Seperti perusahaan Badan Usaha Milik Negara atau BUMN. Sebelumnya perhatikan dahulu track record atau perjalanan dari perusahaan tersebut. Bila perusahaan yang anda lirik belum dikenal sebaiknya jangan dicoba menginvestasikan dana anda pada perusahaan tersebut.

Kedua, Diversifikasi

Artinya adalah anda harus membeli saham dari berbagai sektor yang berbeda. Hal ini dapat menutupi kerugian yang mungkin diderita oleh satu perusahaan dari satu sektor dengan sektor lainnya.

Ketiga, Tidak Instan

Kegagalan dalam berinvestasi saham para pemula disebabkan karena investor tersebut menginginkan keuntungan yang besar. Investasi saham sendiri tidak akan memberikan anda keuntungan besar dalam jangka pendek. Investasi ini adalah investasi jangka panjang, dimana keuntungan besar baru anda dapat beberapa tahun mendatang.

Keempat, Belajar

Pelajari ilmu dan teori mengenai seluk beluk investasi. Pilihan investasi berdasarkan kemampuan anda dan target yang ingin anda dapatkan setelah berinvestasi. Gunakanlah analisis yang berdasarkan ilmu bukan spekulasi atau perkiraan belaka. Dengan menambah ilmu dan wawasan mengenai investasi ini, anda akan dapat menghadapi berbagai tantangan. Atau, mengikuti pelatihan gratis yang diadakan oleh BEI (Bursa Efek Indonesia) adalah salah satu usaha pembelajaran.

Kelima, Modal

Tidak semua berinvestasi membutuhkan modal yang besar. Anda dapat memulainya dengan modal yang kecil. Karena harga saham perlembarnya juga tidak semahal yang anda pikirkan. Misalkan, harga saham Ace Hardware hanya Rp 80 ribu per lembar, BRI hanya Rp 1 juta perlembar dan Unilever hanya Rp 4 juta per lembar. 

Sebelumnya pahamilah investasi bukan hanya bermain saham, jika anda serius ingin terjun menjadi investor saham anda harus jelih, tekun dan bersabar. Banyak beberapa investor tidak bijak dan menganggap remeh sehingga menjadi awal gagalnya investasi saham yang anda lakukan. 

Sumber : berbagai sumber/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami