6 Tips Pangkas Biaya Pesta Pernikahan Tanpa Terkesan Murahan
Sumber: weddingorganizersemarang.wordpress.com

Marriage / 18 March 2016

Kalangan Sendiri

6 Tips Pangkas Biaya Pesta Pernikahan Tanpa Terkesan Murahan

Mega Permata Official Writer
4009

Seperti anda ketahui, mengadakan resepsi pernikahan di Indonesia cenderung lebih menghabiskan biaya besar ketimbang di luar negeri. Selain konsep pernikahan di sini yang umumnya lebih melibatkan banyak pihak termasuk jumlah tamu undangan yang lebih banyak, pesta pernikahan di Indonesia juga banyak dirayakan dengan cara tradisional yang tentu lebih mahal ketimbang resepsi bergaya simple.

Nah, bagaimana agar pengeluaran biaya pernikahan tidak terlalu menguras tabungan anda dan pasangan? Berikut tips memangkas biaya pesta pernikahan tanpa membuatnya terkesan murahan;

Pertama, Mengurangi Jumlah Tamu Undangan

Menurut Dena Davey, Director of Marketing for the Association of Bridal Consultants, salah satu cara terbaik menghemat biaya pesta pernikahan adalah dengan menyeleksi jumlah tamu undangan. Jumlah tamu undangan akan sangat berpengaruh terhadap jumlah makanan yang harus dipersiapkan, jumlah undangan yang harus dicetak dan jumlah souvenir yang harus dibeli.

Kedua, Menentukan Hari Pernikahan

Para calon pengantin pasti berharap pesta pernikahannya akan dihadiri banyak kerabat dan tamu. Maka, memilih hari pernikahan yang tidak terlalu umum dapat dijadikan sebagai solusi hemat biaya. Hari jumat dan hari minggu adalah hari yang cukup baik untuk menggelar pesta pernikahan. Biasanya pesta pernikahan di hari sabtu jauh lebih mahal karena banyak peminat calon mempelai pengantin lainnya. Harga sewa gedung dan peralatan lainnya umumnya juga berbeda saat hari sabtu dengan hari kerja lainnya.

Ketiga, Tanpa Wedding Organizer

Jika anda mempunyai waktu lebih, anda bisa mengerjakan urusan pesta pernikahan dengan sendiri tanpa bantuan wedding organizer akan sangat menolong mengurangi budget pengeluaran. Anda bisa memulai mendesain model atau tampilan undangan sendiri. Hal yang sama juga bisa anda lakukan dengan mendekorasi ruangan, pemilihan tenda dan jenis catering, atau pun dengan mendesain sendiri busana pengantin anda dan pasangan.

Keempat, Resepsi di Restoran

Tak ada salahnya menggelar resepsi pernikahan di sebuah restoran yang cukup berkualitas sebagai lokasi acara. Ini akan sangat memangkas biaya sewa gedung atau hotel, sehingga anda hanya cukup memesan 200 atau 300 paket makanan prasmanan dan gratis biaya lokasi.

Kelima, Selektif Memilih Properti Pernikahan

Jangan mudah menyerah dengan satu vendor property pernikahan. Luangkan lebih banyak waktu untuk membandingkan secara seksama beberapa vendor untuk melihat harga yang lebih murah dan terjangkai namun memiliki standar kualitas yang cukup. 

Keenam, Foto Pre Wedding

Jasa fotografer Pre Wedding saat ini memang sedang booming, apalagi sebagai dokumentasi keluarga atau kenang-kenangan. Anda bisa memilih untuk mengeluarkan dana lebih untuk foto pre wedding asalkan anda memotong biaya bagian sewa gedung/ hotel ataupun juga ketering. Alternative lain, anda bisa memilih untuk foto Pre Wedding di studio yang lebih hemat dibanding menyewa fotografer ternama di outdoor.   

Memang dibutuh persiapan yang matang selain persiapan pribadi dan mental tetapi juga mempersiapkan keuangan dan sebagai modal pernikahan. Karena itu jauh sebelumnya kita harus pintar-pintar menabung untuk masa depan keluarga kita. 

Sumber : Tabloidnova.com/Jawaban.com/em
Halaman :
1

Ikuti Kami