Wow! Inilah Cara Agar Keuangan Anda Stabil di 2016 (2)

Finance / 15 March 2016

Kalangan Sendiri

Wow! Inilah Cara Agar Keuangan Anda Stabil di 2016 (2)

daniel.tanamal Official Writer
2598

Dalam artikel sebelumnya telah dikemukakan tiga tips agar keuangan anda stabil pada tahun ini. Tips itu berasal dari hasil wawancara GOBankingRates terhadap ahli keuangan terbaik pada tahun lalu untuk memperoleh tip keuangan yang bisa dimanfaatkan generasi milenium, baik pengusaha muda maupun profesional muda, pada tahun ini.

4 Soal uang, berhentilah menjadi orang pasif

Menjadi lebih proaktif juga merupakan syarat bagi generasi milenium untuk menghentikan rasa tidak bersalah dan bertindak seakan tidak mengendalikan pengeluaran uang.

Dave Ramsey, pemandu The Dave Ramsey Show dan pengarang buku keuangan personal langsung mengarahkan jawabannya ke satu titik saat diminta memberikan tip keuangan nomor satu untuk tahun ini.

"Beritahu uangmu apa yang harus dilakukan, bukan bertanya-tanya ke mana ia akan pergi," kata Ramsey. Banyak orang tahu apa yang harus mereka lakukan dengan uang mereka, namun mereka tidak melakukannya. "Karena itu, bersikap aktiflah dengan uangmu –  bikinanggaran, singkirkan utang, dan menabunglah," tegas Ramsey.

5 Ubah perspektif Anda

Orang tua Anda maupun pengasuh saat kecil dan bisa jadi teman Anda seringkali memberikan mantra "gelas setengah penuh" selama hidup Anda. Mantra ini bisa membantu Anda mencapai tujuan keuangan dengan membuat Anda melihat hal positif dalam situasi yang tampak negatif.

Jeanette Pavini, ahli di Coupons.com., menjelaskan bahwa pergeseran mental bisa membantu generasi milenium mencapai tujuan tahun depan. "Ingatlah bahwa Anda memiliki kekuatan untuk menaikkan penghasilan Anda," ujar Pavini. Dengan mengurangi belanja, Anda bisa membuat penghasilan tampak lebih besar. "Singkirkan tagihan US$ 150 per bulan. Itu seperti memberikan tambahan penghasilan US$ 1.800 setelah dipotong pajak," kata Pavini.

6 Berinvestasi pada diri sendiri

Josh Felber, pengusaha dan pemenang GOBankingRates' 2014 Best Money Expert, mengatakan, generasi milenium yang ingin bebas dari jeratan utang harus "mengambl tindakan, mulai berinvestasi pada diri sendiri untuk tumbuh dan memperoleh pengetahuan untuk memulai bisnis. Tambahkan beberapa jalur penghasilan dan pastikan pengeluaran Anda tidak lebih dari penghasilan."

7 Manfaatkan teknologi

Jika rekening bank tradisional dan pengaturan tabungan dengan menyisihkan uang di bawah kasur bukan gaya Anda, beralihlah ke situs web ataupun aplikasi mobile untuk membantu Anda jadi lebih cerdas untuk membuat keputusan dalam menabung. Kyle Taylor, ahlis keuangan pribadi dari ThePennyHoarder.com, menyarankan Anda untuk menggunakan aplikasi demi mengambil keuntungan dari diskon dan kupon di toko kelontong terkenal. Ini adalah cara sedrhana bagi mahasiswa, pekerja keras, maupu profesional muda untuk memangkas biaya bulanan yang mahal.


Sumber : Kontan
Halaman :
1

Ikuti Kami