Gubernur Papua: Tak Boleh Lagi Ada Kasus Seperti Tolikara
Sumber: ansel-boto.blogspot.com

Nasional / 2 March 2016

Kalangan Sendiri

Gubernur Papua: Tak Boleh Lagi Ada Kasus Seperti Tolikara

daniel.tanamal Official Writer
3635

Gubernur Papua Lukas Enembe menyatakan seluruh warga di Jayawijaya tak boleh terprovokasi dengan dengan adanya isu terkait pembangunan tempat ibadah. Hal itu disampaikannya terkait beredarnya surat larangan pembangunan Masjid Baiturahman di Wamena oleh Persatuan Gereja-gereja di Kabupaten Jayawijaya (PGGJ).

"Papua adalah tanah damai walaupun memiliki potensi rawan konflik. Sebab, kemajemukan antar suku di sini yang kompleks. Namun, tak boleh lagi ada kasus yang pernah terjadi di Tolikara," kata Enembe, dalam rapat bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Papua dan Kabupaten Jayawijaya beserta para tokoh agama di Markas Polda Papua , Kota Jayapura, Selasa (1/3/2016).

Sementara itu, Sekretaris Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Jayawijaya Alex Mauri mengungkapkan, dirinya mendapatkan pesan yang mengatakan pembangunan menara Masjid Baturrahman mencapai 70 meter dan tinggi gedung mencapai empat lantai. Hal inilah yang memicu adanya tuntutan pencabutan ijin mendirikan bangunan dari sejumlah kelompok masyarakat.  "Sebenarnya panjang menara hanyalah 20 meter dan tinggi bangunan masjid hanyalah dua lantai saja. Namun, adanya pesan tersebut sehingga memancing reaksi dari sejumlah pihak," ungkap Alex.

Bupati Jayawijaya Wempi Wetipo meyakini bahwa ada sekelompok oknum yang sengaja mengacaukan keamanan di Papua menggunakan dengan menggunakan isu agama. Dirinya sendiri menyatakan akan berkoordinasi dengan seluruh tokoh agama untuk mengantisipasi masalah ini.


Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami