Spotlight Menang Oscar, Kardinal Ini Akui Kesalahan Gereja Katolik

Spotlight Menang Oscar, Kardinal Ini Akui Kesalahan Gereja Katolik

Lori Official Writer
3271

Sesaat sebelum film Spotlight yang mengangkat kasus pelecehan seksual anak di Gereja Katolik menyabet piala Oscar, tokoh senior Gereja Katolik Kardinal George Pell yang menjabat sebagai penasihat Paus Fransiskus sekaligus Sekretaris Ekonomi Gereja, dalam pernyataannya mengakui kesalahan yang dilakukan Gereja Katolik.

Pell menyampaikan pernyataan itu di sebuah hotel di Roma kepada Royal Commission to Institutional Responses to Child Sexual Abuse (Komisi Kerajaan tentang Tanggapan terhadap Pelecehan Seksual Anak) di Sydney, Australia.

“Saya ingin memberi penjelasan awal dan daya tidak menyampaikan hal ini untuk membela yang tidak dapat dibela. Gereja telah melakukan kesalahan besar dan berupaya memperbaiki kesalahan itu, tetapi gereja di banyak tempat – khususnya di Australia – telah mengacaukan upaya menangani pastur-pastur pedofil dan mengecewakan orang. Saya tidak berada di sini untuk membela yang tidak dapat dibela,” ucap Pell, seperti dikutip dari Deadline.com, Senin (29/2).

Pell mengkritik gereja yang berusaha menutupi penyelewengan di gereja untuk melindungi para imam yang terlibat pelecahan seksual anak. Ia menyesali kesalahan selama bertahun-tahun itu telah mengakibatkan ribuan anak menjadi korban. “Sangat sulit mempercayai tuduhan seorang anak, dan tuduhan mereka tentang kondisi yang mereka alami seringkali diabaikan dengan berbagai cara yang sangat memalukan,” ucapnya.

Untuk itu pula produser film Spotlight, Michael Sugar menuangkan realita tersebut dalam film peraih piala Oscar itu. Mereka pun merayakan kemenangan atas keberanian mereka menyuarakan kasus yang telah terabaikan sejak lama itu.

Sumber : Deadline.com/Voaindonesia.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami