Langkah Untuk Dapat Menyisihkan Setengah Gaji Anda
Sumber: getty images

Finance / 26 February 2016

Kalangan Sendiri

Langkah Untuk Dapat Menyisihkan Setengah Gaji Anda

Mega Permata Official Writer
3684

Menabung sangat perlu dilakukan karena kegunaan dari menabung adalah menyisihkan setengah pendapatan untuk masa yang akan datang. Banyak kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi dengan diri kita di masa depan entah itu dalam kesehatan, keuangan, pendidikan atau yang lainnya. Sehingga memang diperlukan menabung untuk menghindari hal yang tak diinginkan.

Namun, kenyataannya kita cukup sulit untuk menyisihkan uang penghasilan. Tetapi, ada beberapa cara lain supaya kita dapat menyisihkan separuh gaji yang kita terima tiap bulan.

Pertama. Miliki dua rekening tabungan yang berbeda dan salah satunya adalah rekening khusus menabung. Dari dua rekening tabungan itu anda bisa membagikan separuh uang anda untuk kebutuhan hidup. Satu rekening lain tempat untuk menabung. Anda bisa menggunakan rekening khusus menabung tersebut yang tidak mendapatkan potongan dan tidak bisa diambil dalam jangka waktu tertentu dengan begitu uang anda tabung akan tetap aman.

Kedua. Berikan estimasi anda dalam seminggu berapa banyak uang yang diperlukan. Atau berikan batas anggaran pengeluaran ditiap minggu atau bulan. Misalnya anda dapat memberikan batas pengeluaran ditiap bulan sebesar Rp. 500.000 saja. 

Ketiga. Tinggalkan kartu ATM anda dan bawalah uang tunai. Itu berguna untuk mempersempit pengeluaran anda. Selalu sediakan uang didompet, hal ini akan membuat dompet anda terjaga dari hal-hal yang tak perlu. Tinggalkan saja kartu ATM anda jika akan pergi ke tempat-tempat yang memang menggoda untuk berbelanja. 

Keempat. Pilih Cemilan yang Mengenyangkan. Jika anda memiliki hobi mengemil makanan, maka sebaiknya beli camilan yang dapat mengenyangkan perut. Seperti, roti tawar, biskuit, atau crackers.

Kelima. Bawa bekal makanan/ minuman bila ke kantor ataupun ke kampus. Langkah ini sangat ampuh untuk mengurangi pengeluaran. Bila tidak percaya, coba saja anda membawa bekal ke tempat kerja atau kemanapun anda bepergian. 

Keenam. Kumpulkan uang koin anda. Sering kali bila kita memiliki uang receh  tidak selalu menyimpannya. Kali ini kumpulkan uang receh anda karena ini juga dapat membantu disaat-saat genting. Seperti membayar ongkos ke supir angkot. Supir angkot akan senang bila kita kasih uang receh. Lagi pula anda juga bisa menukarkannya ke bank, hitung-hitung menambah pundi-pundi tabungan anda.

Untuk mendapatkan kepuasan kadang diperlukan pengorbanan. Termasuk dalam hal menabung. Jangan cepat terlena dengan apa yang kita dapatkan, kita perlu mengelola apa yang kita dapatkan menjadi agar bermanfaat di masa depan.

Sumber : Idntimes.com/Jawaban.com/MegaPermata
Halaman :
1

Ikuti Kami