5 Perubahan yang Membuat Pasangan Menikah Semakin Mirip
Sumber: www.maukeren.com

Marriage / 24 February 2016

Kalangan Sendiri

5 Perubahan yang Membuat Pasangan Menikah Semakin Mirip

Lori Official Writer
4894

Menjalani hidup dalam waktu yang lama dengan seseorang tentu saja akan mengubah cara pandang kita akan dunia dan juga mengubah karakter kita. Keterikatan hubungan bisa mengubah cara berpikir dan bertindak kita. Hal ini diungkapkan oleh Joshua Wolf Shenk, penulis buku ‘Powers of Two’.

Lalu bagaimana proses perubahan itu terjadi diantara Anda dan orang terdekat Anda? Pasangan yang sudah menikah dalam jangka waktu yang lama bisa memeriksa kembali perubahan-perubahan ini.

1. Pasangan yang telah menikah memiliki sebutan-sebutan tersendiri  

Pernahkah mendapatkan pesan dari pasangan Anda yang sama sekali aneh tetapi begitu bermakna bagi Anda? Kata-kata itu bisa jadi sebagai tanda pertama bahwa masing-masing telah terkoneksi, tulis Shenk. Menurut sebuah studi dari Robert Hooper, seorang profesor di Universitas Texas, komunikasi rahasia memiliki dua manfaat, yaitu membantu memperdalam ikatan dalam hubungan romantis atau platonis dan menjadi identitas unik pasangan.

Bahasa rahasia itu bisa berupa julukan lucu pasangan. Penggunaan bahasa-bahasa itu menjadi tolak ukur dari seberapa puas dan bahagianya hubungan mereka. Semakin sering pasangan menggunakan kata-kata itu, semakin bahagialah hubungan keduanya.

2 Leluasa berbicara saat bersama pasangan  

Kebanyakan kita mungkin akan lebih memilih jaga image (jaim) saat berbicara di depan orang lain atau orang yang kita belum kenal. Kita akan cenderung mencoba menyenangkan orang-orang di sekitar kita dengan melakukan proses adaptasi. Tetapi berbeda dengan mereka yang telah menikah bertahun-tahun, masing-masing dari mereka akan terlihat begitu leluasa berbicara. Pasangan yang telah lama menikah justru berhenti menjaga perilaku dan mereka akan lebih berbicara dengan jujur dan terbuka.  

3. Bentuk fisik semakin mirip

Saat tengah dalam masa pengaruhnya pada tahun 1987, psikolog Robert Zajonc menemukan alasan yang begitu jelas bahwa pasangan menikah mulai terlihat mirip. Mereka kelihatan memiliki otot-otot muka yang sama, dari waktu ke waktu, mereka kelihatan seperti satu wajah dalam cermin.

Menurut Shenk, perubahan ini terjadi karena adanya keselarasan tindakan, gerak tubuh, tertawa dan berbicara. Sehingga lambat laun, keduanya menjadi hampir mirip.

4. Memiliki kemiripan dalam bertutur

Selain memiliki bahasa rahasia, pasangan yang telah lama menikah akan mulai cocok satu sama lain dalam bertutur. Pakar psikologi mengungkapkan perubahan ini terjadi karena masing-masing pasangan saling menularkan emosi. Hidup bersama membuat keduanya menjadi semakin mirip.

5. Pasangan memiliki isyarat tubuh tersendiri

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang telah lama menikah akan memandang pasangannya sebagai cerminan diri. Mereka memandang bahwa mereka benar-benar sama dalam berbagai hal. Sehingga semua gerak, postur, dan kata-kata yang Anda gunakan selalu sama.

Dalam sebuah studi pada tahun 2007 menemukan bahwa seseorang yang sudah menikah akan lebih sering mengernyitkan mata (sebagai tanda isyarat) kepada pasangannya ketika baru saja mendengar sebuah informasi sebelum mereka membicarakannya.

Bagaimana dengan Anda yang sudah menikah selama bertahun-tahun? Apakah Anda juga mengalami hal serupa? Jika YA, itu artinya Anda dan pasangan dalam hubungan pernikahan yang baik dan sehat. Semoga pasangan-pasangan lainnya juga mengalami hal serupa.

Sumber : Independent.co.uk/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami