Lori Mora

Official Writer
4056


Seorang profesor di perguruan tinggi Kristen Wheaton College, Illinois, Larycia Hawkins mulai menjadi kontroversi sejak menyatakan akan memakai hijab (jilbab), sebagai aksi solidaritas terhadap umat muslim yang menerima perlakuan buruk pasca tragedi terorisme di Paris, Prancis dan San Bernardino, California beberapa waktu lalu.

Selain memakai hijab, wanita yang disapa Larry ini juga mengutip pernyataan Paus Fransiskus yang mengatakan bahwa Muslim dan Kristen sesungguhnya menyembah Tuhan yang sama. Pernyataan yang disampaikan pada akhir Desember 2015 silam ini akhirnya mengundang reaksi dari berbagai kalangan, termasuk pihak kampus Wheaton, yang dikenal sebagai kampus besar Kristen di Amerika Serikat.

Larry dikenal sebagai profesor yang mengajarkan tentang ilmu politik di Wheaton College dan telah bekerja selama sembilan tahun lamanya. Namun atas kontroversi yang ditimbulkannya, pihak kampus mulai memperdebatkan keberadaan Larry di sana. Pihak kampus mengatakan tidak punya posisi atas keputusan wanita itu untuk mengenakan hijab. Sementara komentar yang disampaikan Larry terkait ucapan Paus Fransiskus tersebut dinilai berlawanan dengan pernyataan iman yang ditetapkan perguruan tinggi tersebut. Sebab perspektif alkitab menjadi dasar dari pengajaran di Wheaton College.

Meskipun Larry menilai pernyataannya tidak bertentangan dengan iman, namun secara administratif keputusannya dianggap melanggar peraturan kampus. Hingga pada akhirnya, tepat pada Sabtu, 6 Februari 2016 pekan lalu, Larry harus kehilangan pekerjaan tersebut.

“Wheaton College dengan tulus menghargai kontribusi Dr. Hawkins kepada lembaga ini selama sembilan tahun. Kami berterima kasih atas gairah mengajarnya, beasiswa, pelayanan masyarakat dan bimbingan kepada siswa kami,” ucap pemimpin Wheaton College, Philip Graham Ryken.

Meski begitu, Larry tetap menghargai keputusan pihak kampus yang menyetujui pilihan tersebut. Sebab pihak Wheaton College bahkan meminta maaf apabila kebijakan itu tampak kurang tepat.

“Saya menghargai dan menghormati seni Kristen liberal dan cara-cara Wheaton College menyebarkan misi, program, dan kecakapan karyawan dan mahasiswanya,” tulis Larry dalam pernyataan yang dirilis oleh perguruan Wheaton.

Atas pilihan itulah Larry Hawkins menerima dirinya tak lagi menjadi bagian dari Wheaton College dimana dirinya mengajarkan tentang ilmu politik kepada para mahasiswa. 

Sumber : Usatoday.com/Foxnews.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Banner Mitra Mei 2


7254

Banner Mitra April Week 3