Ray Dalio, Miliarder yang Sukses Karena Rendah Hati

Ray Dalio, Miliarder yang Sukses Karena Rendah Hati

Theresia Karo Karo Official Writer
4245

Termasuk dalam daftar orang-orang kaya dunia versi majalah Forbes dan 100 orang paling berpengaruh dalam majalah Time, Ray Dalio berbagi kunci suksesnya. Hedge fund manager terkemuka di Amerika Serikat ini mengatakan kesuksesannya adalah berkat sikap rendah hati.

Pria kelahiran New York ini mengawali karirnya sebagai floor trader di New York Stock Exchange. Kini dia adalah pendiri dan pemilik perusahaan hedge fund terbesar di dunia, Bridgewater Associates yang menyimpan  asset manajemen senilai USD 169 miliar.

Sebelum berperan sebagai perusahaan hedge fund, Bridgewater Associates pada awalnya adalah pemberi jasa konsultasi bagi perusahaan klien terkait resiko nilai tukar mata uang dan suku bunga. Berangkat dari sini, banyak perusahaan yang kemudian merekomendasikan Bridgewater pada investor lainnya. 

Salah satu perusahaan besar yang turut mendongkrak nama Bridgewater adalah McDonald. Selanjutnya, pada akhir tahun 80-an, Bridgewater berhasil memperoleh kontrak dana pensiun para karyawan World Bank dan Kodak. Dan semenjak itu, nama Bridgewater Associates semakin dikenal luas di seluruh dunia.

Kesuksesan Dalio juga didukung pengetahuan yang dalam tentang analisa ekonomi dan ambisi intelektual. Selain itu,  dia juga berpandangan bahwa seorang investor harus bisa memahami realitas dan bertindak atas dasar apa yang sedang terjadi, bukan pada apa yang dipikirkan atau yang diharapkan.

Menurutnya, salah satu kunci suksesnya adalah kerendahan hati. Lulusan Harvard Business School ini mengungkapkan bahwa dirinya berusaha untuk menghindari berbagai keputusan yang sudah terbukti gagal. Dan diakuinya, bahwa langkah ini memerlukan kerendahan hati yang besar. Karena seringkali perasaan angkuh membuat individu enggan untuk belajar.

“Orang-orang beranggapan kesuksesan saya karena apa yang saya ketahui. Bukan, Ini lebih pada bagaimana saya berhasil mempelajari apa yang tak saya ketahui,” ungkap Dalio seperti yang dikutip dari Business Insider.

Ini pula yang menjadi alasan kenapa Dalio selalu bersemangat saat berhadapan dengan orang yang tidak setuju dengan pendapatnya dan berusaha memahami pendapat orang tersebut. “Cerdas, orang yang dapat dipercaya, saya bisa melihat itu semua dari mata mereka. Setelah itu, saya dapat pertimbangkan mana yang benar dan salah,” katanya.

Pendekatan dengan kerendahan hati inilah yang membantunya belajar lebih banyak untuk membuat keputusan yang lebih baik selama perjalanan karirnya. “Jadi semua kesuksesan ini tergantung pada apa yang saya tak tahu dan itu lebih efektif daripada tahu banyak hal,” tuturnya.

Dari Dalio kita belajar bahwa rendah hati akan membawa kita pada tingkat yang berbeda dalam kesuksesan. Bersedia mendengar pendapat dari orang lain dan belajar hal-hal baru adalah bukti bahwa sukses bukan sekedar pencapaian melainkan proses untuk terus berkembang.

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Sumber : Liputan6/Seputarforex.com | Theresia Karo Karo

Ikuti Kami