5 Tips Mendidik Anak Gadis Tomboy
Sumber: pixabay.com

Parenting / 28 January 2016

Kalangan Sendiri

5 Tips Mendidik Anak Gadis Tomboy

Lori Official Writer
11111

Apa beda anak gadis tomboy dengan yang benar-benar feminim? Tomboy adalah karakter yang identik dengan seorang perempuan yang cenderung bersikap maskulin. Suka kotor, suka dengan batu-batuan, danau, suka bergulat, bermain di lumpur, galak, dan menyukai alam adalah ciri khas yang menggambarkan gadis tomboy. Sedang gadis feminim adalah gadis yang berkarakter lemah lembut seperti kodratnya perempuan. Suka warna pink, gemerlap, bergaya mewah, berkilau, suka kumpul, suka pakai gaun dan berkilau adalah ciri khas seorang feminim.

Tentu saja setiap orang tua menginginkan gadis kecilnya tumbuh menjadi gadis feminim dan lemah lembut bukan? Tetapi kenyataannya, sejumlah anak perempuan tumbuh dengan karakter yang sedikit maskulin. Tanpa disadari hal ini sebenarnya bisa diturunkan dari DNA orang tuanya sendiri, terutama dari sang ibu yang juga memiliki sikap tomboy.

Meskipun anak-anak tomboy ini diberi nama putri tercantik sedunia, sebut saja Olivia, namun tetap saja tingkah lakunya lebih maskulin. Mereka lebih suka dengan benda-benda yang dimainkan anak laki-laki, sedang gaun adalah pakaian yang paling mereka benci. Banyak orang tua yang kemudian melarang dan memaksa anak gadis tomboy mereka untuk lebih feminim.

Sayangnya, tindakan ini bukan jalan yang tepat untuk mengubah mereka menjadi apa yang didinginkan orang tua. Dibutuhkan cara yang tepat untuk mendidik anak-anak gadis tomboy ini diantaranya dengan mengikuti tips-tips di bawah ini:

1. Jangan memaksakan anak untuk menjadi sesuatu yang dia tidak sukai

Dia adalah dirinya sendiri. Mari mengakuinya secara jujur. Biarkan dia tumbuh dan menemukan siapa dirinya dengan kasih tanpa syarat. Tak apa apabila orang tua menawarkannya untuk mencoba hal-hal baru dan suka dengan aktivitas anak laki-laki. Tetapi jika hatinya menolak, jangan terus mendesaknya. Anggaplah ini hanyalah sebuah fase yang akan berlalu juga.

2. Ajarkan anak gadis tomboy tentang seorang sosok putri sungguhan

Ada banyak contoh yang bisa dikutip orang tua untuk mengisahkan anak gadisnya tentang seorang putri yang menginspirasi dunia. Atau bisa juga dengan mengajaknya menonton Miss America Pageant dan mampu membuatnya suka dengan gaun atau warna pink.

3. Biarkan dia mengadaptasi gayanya sendiri

Setiap gadis muda mungkin pernah merasakan pengalaman mengagumi perempuan lain yang terlihat anggun dan menawan. Kemampuan untuk merias diri dengan rapi adalah hadiah yang harus diberikan setiap ibu kepada anak gadisnya. Apalagi ketika mendapati mereka mulai mencoba menari dengan gaun bulatnya lengkap dengan perhiasan-perhiasan yang mulai dikenakan.

4. Banggalah akan pribadinya  

Putri kecil dengan parasnya yang imut biasanya akan menjadi sasaran empuk setiap orang tua untuk mendandaninya dengan beraneka ragam pakaian mewah dan feminim. Tetapi, ya, dia hanya akan merasa tersiksa. Sudah waktunya mereka tumbuh secara bebas seiring waktu dan melakukan sesuatu yang mereka sukai sendiri.

5. Tantang anak melakukan sesuatu yang berbeda

Seorang ibu bisa menantang anak gadisnya untuk melakukan sesuatu yang mereka belum lakukan sebelumnya. Kesempatan ini bisa digunakan seorang ibu untuk meminta sang anak berpenampilan lebih feminim dan cantik. Misalnya, mengenakan sgaun serupa dengan sang ibu atau merias rambut dengan bandana atau jepitan lucu.


Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Sumber : jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami