Demam Berdarah Mewabah dan Cara Pencegahannya

Demam Berdarah Mewabah dan Cara Pencegahannya

Lori Official Writer
4176

Wabah demam berdarah dengue (DBD) terjadi di sejumlah provinsi di tanah air. Provinsi Pekan Baru dan Riau menjadi dua kota yang kabarnya mengalami peningkatan serangan DBD sejak pekan lalu, dengan jumlah keseluruhan penderita pada 25 Januari 2016 sebanyak 277 pasien dan beberapa diantaranya meninggal dunia.  Penyebaran wabah DBD ini bahkan semakin meningkat hingga ke beberapa kota di provinsi Jawa Timur, Banten, Sulawesi dan Kalimantan Selatan.

Intensitas hujan yang relatif sering belakangan ini disebut menjadi faktor penyebab penyebaran penyakit DBD. Jentik-jentik nyamuk penyebab DBD mengalami perkembangan di musim hujan, terutama di daerah-daerah bekas banjir.

Untuk itu Dinas Kesehatan Provinsi Riau menghimbau warga agar tetap waspada dan melakukan upaya-upaya pencegahan. Tak hanya itu, pihak dinas kesehatan pun turun tangan melakukan fogging (pengasapan) ke rumah-rumah warga, khususnya daerah-daerah pemukiman kumuh yang rentan dengan sarang nyamuk.

Tindakan lain yang juga bisa dilakukan masyarakat untuk menanggulangi pencegahan wabah DBD ini adalah dengan cara:

1. Melakukan 4M (Menguras, mengubur, menutup dan memantau)

Kuraslah tempat-tempat yang dapat menampung air seperti bak mandi, ember, pot-pot, gentong dan lain-lain. Lalu mengubur barang-barang bekas yang dapat digenangi air dan menjadi tempat bersarangnya nyamuk. Kemudian, tutup tempat penampungan air seperti bak mandi, ember dan gentong untuk mencegah masuknya nyamuk.

2. Melakukan fongging secara rutin

Pencegah yang wajib dilakukan adalah dengan melakukan fogging (pengasapan) secara rutin untuk membunuh jentik-jentik nyamuk yang bersarang di tempat-tempat yang sulit dijangkau seperti selokan dan saluran pipa. Lakukan pengasapan miniman setiap sekali dalam sebulan.

3. Membiarkan sinar matahari masuk ke dalam ruangan

Nyamuk suka sekali dengan tempat bersuhu lembab dan gelap. Dengan itu, tetap biarkan rumah terpapar sinar matahari masuk ke dalam ruangan.

4. Pakai obat nyamuk oles atau semprot

Musim hujan menjadi momen perkembangbiakan nyamuk aedes aegypti, nyamuk penyebab DBD. Gunakan anti nyamuk pada kulit saat sedang tidur atau menyemprotkan obat nyamuk ke di sekitar ruangan tidur untuk mencegah masuknya nyamuk saat malam hari.

Dengan kondisi kesehatan rawan DBD yang saat ini tengah terjadi di tanah air, masyarakat diharapkan mudah tanggap apabila ada keluarga atau tetangga yang terserang demam berdarah. Segeralah melaporkan kondisi tersebut ke lembaga kesehatan pemerintah terdekat, paling mudah puskesmas, agar penderita segera mendapatkan perawatan sebelum kondisi kesehatan semakin memburuk.


Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com/ls

Ikuti Kami