2016, BI Terapkan Teknologi Chip di Seluruh Kartu ATM
Sumber: www.thetoc.gr

Nasional / 25 January 2016

Kalangan Sendiri

2016, BI Terapkan Teknologi Chip di Seluruh Kartu ATM

Lori Official Writer
4862

Bank Indonesia (BI) mengumumkan adanya rencana program migrasi perubahan kartu debet dari magnetic stripe (kartu ATM) ke pemakaian micro chip. Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran (SP) Rosmaya Hadi mengatakan inovasi terbaru ini dibuat guna meminimalisir terjadinya pembobolan ATM dengan modus skimming.

“Untuk mencegah terjadinya itu (fraud), kita targetkan 1 Januari 2016 semua kartu debet sudah menggunakan chip ” ungkap Rosmaya di Gedung Bank Indonesia, Jumat (21/1).

Proses imigrasi ini sudah tersosialisasi ke seluruh industri perbankan yang mengaku akan mendukung program ini. Setiap bank harus mengeluarkan budget yang lebih tinggi untuk mengganti teknologi ini karena perubahan dilakukan pada kartu ATM dan pemasangan teknologi pembaca Chip di setiap mesin ATM.

Namun, Rosmaya masih enggan mengungkapkan berapa jumlah ATM yang sudah bermigrasi ke kartu chip sebab seluruh data dari setiap bank masih berada di tangan pihak perbankan tertentu. “Itu tergantung konsidi bank tersendiri, karena ada bank yang memiliki kartu debet ribuan ada juga bank-bank yang memiliki jutaan kartu debet, yang pasti kita selalu meminya laporan untuk memantau itu, jadi belum bisa kami sampaikan,” ucapnya, seperti dilansir Liputan6.com.

Jika teknologi chip ini dilaksanakan, BI memastikan adanya perubahan sistem yang akan terjadi. Seperti pengenaan batas maksimal dalam transaksi transfer dan tarik tunai. Jika semula di ATM magnetic menerapkan maksimal transfer sebesar Rp25 juta, dengan chip transaksi bisa dilakukan hingga mencapai Rp50 juta dan Rp15 juta untuk tarik tunai dari yang sebelumnya Rp2 juta.

Rosmaya menegaskan, penerapan inovasi ini dilakukan sebagai salah satu bentuk perlindungan konsumen yang tertuang dalam dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) sNo.16/1/2014 tentang perlindungan konsumen jasa sistem pembayaran.

Sumber : Liputan6.com/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami