Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
6036


Kehadiran sosial media Instagram mungkin tak pernah terpikirkan saat Anda masih berusia belia. Tetapi untuk generasi di masa ini, kehadiran Instagram begitu mempengaruhi gaya hidup setiap orang, termasuk anak-anak. Jadi, penting sekali bagi Anda membantu mereka belajar bagaimana menempatkan diri untuk mencegah dampak buruk yang bisa merusak karakternya.

Berikut lima hal yang bisa merusak karakter anak melalui Instagram:

#1 Saat anak tak mendapat banyak ‘like’

Bagi remaja, Instagram tidak memiliki platform khusus untuk bisa terhubung secara langsung dengan teman-temannya karena sosial media yang satu ini hanya menjadi wadah untuk menampilkan diri dan beragam aktivitas kehidupan mereka. Akan menjadi masalah ketika mereka melihat bahwa mereka tidak mendapat banyak ‘like’ di setiap postingan sebanyak teman lainnya. Dia mulai berpikir ada sesuatu yang salah dengan dirinya. Bahkan mungkin ada saat-saat ketika teman-temannya sengaja tidak memberikan ‘like’ sebagai bentuk cyber-bullying.

#2 “Mengapa saya tidak seperti dia?”

Membuka akun Instagram bolak-balik sepanjang hari mengindikasikan sesuatu sedang terjadi. Taka da kemungkinan lebih besar selain membandingkan dirinya dengan anak-anak lainnya. Tanpa disadari, dia mulai merasa rendah diri karena tidak terlihat secantik atau seideal orang lain. Sebelum mengetahuinya, anak Anda mungkin sudah melakukan apa saja untuk bisa terlihat seperti gadis-gadis lainnya.

#3 Filter, Filter dan Filter

Aplikasi pengedit foto seperti photoshopping dan aksesoris seeprti airbrushing biasanya bisa membuat foto biasa menjadi lebih ciamik. Instagram menawarkan lebih dari 20 filter yang bisa digunakan untuk mengedit foto menjadi lebih baik. Masalahnya adalah dia bisa saja akan sangat bergantung pada filter dan menutupi apa yang dia miliki dibalik aplikasi-aplikasi tipuan itu.

#4 Kecewa dengan kehidupan palsu

Hidup tak akan pernah sempurna seperti di tayangan-tayangan film Disney. Nah, saat menyadari kenyataan ini, banyak anak-anak akan kecewa. Anak Anda akan berpikir bahwa hidup seperti tidak adil jika kesempurnaan tersebut hanya sebatas gambar-gambar pilihan yang semuanya justru adalah kepalsuan.

#5 Kehilangan jati diri

Cara pandang anak akan diri sendiri sedang dalam bahaya ketika dia menghabiskan waktu hanya untuk memproyeksikan bagian dari dirinya. Hal ini bisa saja membuat anak berubah pandangan akan dirinya sendiri karena takut bila postingan-postingan Instagramnya tidak sesuai dengan bagaimana orang lain memandangnya.

Apakah anak Anda adalah salah satu pengguna Instagram? Cari tahu tentang aktivitasnya melalui VISR, sebuah aplikasi yang mudah digunakan untuk membantu melihat tren penggunaan sosial media anak-anak Anda yang mungkin menjadi penyebab perubahan karakternya. VISR bekerja sebagai pengingat bagi orang tua untuk bisa melindungi anak dari dampak buruk sosial media.


Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Sumber : Familyshare.com/jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Tresia 23 February 2020 - 10:00:21

Shalom.. saya ingin menanyakan info rehab Kristen .. more..

0 Answer

Yehezkiel 23 February 2020 - 00:16:02

Bebas dari pornografi

0 Answer

pengiran lang 21 February 2020 - 19:48:28

Menjaga untuk tetap hidup kudus

0 Answer


Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

[email protected] 22 January 2020 - 18:35:12
Saya sedang ada masalah financial, mohon bantu did... more..

Banner Mitra Februari 2020 (3)


7262

Banner Mitra Februari 2020 (3)