7 Tanda Bagi Anda Sudah Saatnya Berganti Karir
Sumber: http://www.entrepreneur.com/article/2535

Career / 14 January 2016

Kalangan Sendiri

7 Tanda Bagi Anda Sudah Saatnya Berganti Karir

Puji Astuti Official Writer
5144

Perjalanan karir seseorang tidak bisa ditebak. Kadang ada yang menemukan karir impiannya dalam semalam, namun ada juga yang harus melalui jalan panjang hingga menemukan sebuah karir yang membuatnya bukan hanya sukses secara finansial namun juga mendapatkan kepuasaan batin dalam mengerjakannya.

Tidak jarang dalam perjalanan panjang seseorang menemukan karir yang tepat dan memberikan kepuasan, dia harus melewati beberapa pekerjaan yang ia benci. Gajinya bagus, jarak dari rumah tidak jauh, namun pekerjaannya tidak membuat Anda merasa tertantang, membuat Anda bosan dan seharian hanya browsing dan bermain di sosial media.

Apakah itu karena Anda tidak berada di tempat yang tepat atau memang pekerjaannya yang membuat Anda tidak mencapai potensi terbesar Anda? Apakah ini sudah saatnya untuk beralih ke karir yang lain? Untuk mengenalinya, mari kita periksa 7 daftar di bawah ini:

1. Tubuh Anda memberikan peringatan bahwa sesuatu tidak benar

Menurunnya kondisi kesehatan Anda menunjukkan bahwa pilihan karir Anda tidak tepat. Apakah Anda merasa selalu lelah dan merasa sangat sulit untuk bangun dari tempat tidur dan berangkat kerja? Apakah Anda sering migrane? Sulit berkonsentrasi? Mengalami sakit kronis, keresahan atau berbagai masalah lain yang berhubungan dengan penyakit jantung?Jika tanda-tanda itu Anda alami maka kemungkinan besar Anda mengalami tekanan dan stres yang terlalu berat di tempat kerja.

2. Anda hanya bertahan di pekerjaan untuk uang, dan uang itu sudah tidak cukup lagi

Apakah Anda mengorbankan kebahagiaan Anda untuk memperoleh gaji setiap bulannya? Apakah Anda merasakan kekosongan dan kebosanan, dan selalu menunggu saat hari libur atau akhir pekan tiba? Tentu saja setiap orang harus bekerja untuk menghasilkan uang demi memenuhi kebutuhan hidup. Stabilitas dalam finansial tentu dibutuhkan dalam kehidupan. Namun uang bukan segalanya. Jangan takut untuk meninggalkan pekerjaan yang buruk sekalipun  gaji cukup besar. Biasanya uang akan mengikuti saat Anda secara pribadi dan profesional mengalami kepuasaan mengerjakan apa yang Anda cintai daripada bertahan untuk sekedar mendapatkan  gaji.

3. Anda berkhayal tentang karir yang berbeda

Apakah Anda sering mendapati diri Anda berkhayal tentang karir atau pekerjaan yang lain atau bahkan menjadi freelance? Sekalipun tidak ada salahnya untuk bermimpi tentang kehidupan yang berbeda, namun ini adalah tanda bahwa Anda perlu berganti karir secepatnya.

4. Anda malu memberitahukan kepada orang lain apa pekerjaan Anda

Bayangkan Anda datang dalam sebuah acara atau pesta dan seseorang yang Anda kagumi bertanya apa pekerjaan Anda. Apakah Anda akan merasa malu menjawabnya, atau Anda berharap bisa mengatakan sesuatu yang berbeda? Sepertinya Anda tahu bahwa Anda tidak menghidupi potensi terbesar Anda, dan rasa malu adalah indikasi yang baik tentang hal tersebut. Ini adalah saat yang tepat untuk mengklaim profesi yang dapat Anda banggakan.

5. Anda sudah kehilangan semangat

Apakah Anda bersemangat saat mulai bekerja di tempat Anda saat ini? Apakah hal yang membuat Anda semangat sudah tersingkir karena energi dan waktu Anda tersedot oleh pekerjaan Anda? Atau atasan Anda selalu menolak ide Anda sehingga membuat Anda kehilangan  gairah dalam bekerja? Apapun yang menjadi penyebabnya, gairah dalam menjalani pekerjaan sangat penting. Jadi  jika Anda sudah kehilangan hal yang sangat penting ini, maka ini adalah saatnya untuk mencari  gairah dan semangat tersebut.

6. Anda selalu stres dan tidak bahagia

Stres dalam pekerjaan adalah sesuatu yang tidak terhindarkan. Ada waktunya seseorang mengalami hari yang buruk atau bahkan bad mood. Namun jika Anda sudah merasa putus  asa dengan apa yang Anda kerjakan, Anda selalu merasa negatif dan tidak bahagia, terutama saat bekerja maka sudah dipastikan bahwa pekerjaan Anda berpengaruh buruk bagi kesehatan emosional Anda. Carilah waktu yang tepat dan mulailah rencanakan langkah yang diperlukan untuk mencari pekerjaan yang baru.

7. Anda menjadi pribadi yang apatis

Dalam sebuah perjalanan panjang, terkadang ada masanya seseorang mengalami kebosanan. Namun masa-masa sulit itu biasanya bisa terlewati dan dia akan kembali menemukan sesuatu yang menyenangkan dalam pekerjaannya. Namun jika kebosanan itu berjalan dalam waktu yang panjang dan Anda tidak bisa lagi menemukan apa yang patut disyukuri disana, dan bahkan Anda kehilangan antusias dan menjadi pribadi yang apatis, maka kondisi Anda sudah buruk. Waktunya menemukan sebuah tempat dimana Anda merasa antusias kembali.


Apakah Anda mengalami salah satu atau beberapa dari ke tujuh  gejala di atas? Lakukan segera perubahan, cari, temukan dan dapatkan pekerjaan atau karir yang Anda inginkan. Mungkin Anda bisa menjadi seorang freelance di sebuah bidang pekerjaan atau bahkan pindah tempat kerja di suatu bidang yang menjadi passion Anda. Mungkin hal tersebut sulit, namun kebahagiaan Anda dan juga kesehatan fisik dan emosional Anda lebih penting dari sekedar mendapatkan gaji bulanan. Pertimbangkanlah baik-baik dan buatlah keputusan yang tepat. 

Sukses  tidak hanya diukur dari berapa banyak yangkita miliki, namun berapa banyak yang kita bagikan. Mari berbagi! Bagikanartikel ini lewat sosial media Anda dan bawa perubahan positif kepada hidupmereka. Dan jangan hanya berhenti disitu. Lakukan lebih dengan bermitra dengankami (Mitra CBN). More info, KLIK DISINI

Sumber : Entrepreneur.com | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami