Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Theresia Karo Karo

Official Writer
2282


Lapindo Brantas Inc berencana melakukan pengeboran sumur baru di Desa Kedungbanteng, Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur. Rencana ini jelas menimbulkan keresahan warga. Selain persoalan semburan lumpur panas dan ganti rugi Lapindo di Porong belum selesai, masyarakat juga khawatir atas dampak serupa dari pengeboran.

Menanggapi hal ini, Menteri ESDM Sudirman Said meminta perusahaan gas dan minyak tersebut untuk menghentikan rencananya. “Kemarin kita sudah minta ke SKK Migas untuk (Lapindo) menghentikan kegiatan supaya masyarakat tidak terganggu,” ungkapnya seperti yang dilansir dari Kompas.com (12/1).

Dia kemudian menerangkan bahwa Lapindo belum mendapat izin dari SKK Migas dan Dirjen Migas Kementerian ESDM. Sudirman juga menegaskan bahwa Lapindo harus bisa menjamin aspek teknis dan aspek sosial sebelum melakukan pengeboran sumur baru di Sidoarjo.

“Itukan masyarakat responnya cukup negatif. Saya kira tahapannya cukup jauh sampai pada pengeboran, sekarang sudah kita selesaikan,” jelas Sudirman.

Tahun ini Lapindo berencana mengebor gas di Sumur Tanggulangin 1 dan Sumur Tanggulangin 2, Desa Kedungbanten. Persiapan pengeboran meliputi penggalian tanah seluas 4.000 meter persegi dari area sumur yang mencapai 1 hektare telah dilakukan. Termasuk juga penyiapan alat, seperti pengaman sumur yang akan berlangsung hingga akhir Februari nanti.

Awalnya, pengeboran direncanakan berlangsung pada awal bulan Maret. Meski begitu, Lapindo mengaku siap mengikuti aturan pemerintah yang meminta mereka untuk menghentikan rencana pengeboran sumur baru.

“Kami kan kontraktor. Prinsipnya akan kami ikuti aturannya,” kata Presiden Lapindo Brantas Tri Setia Sutisna (8/12).

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati.  Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini

Sumber : Kompas/Tempo.co | Theresia Karo Karo

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Kesita 6 December 2019 - 09:12:14

mengapa ester dipakai tuhan

0 Answer

Merry Novianty 6 December 2019 - 08:04:01

terlilit hutang rentenir

0 Answer

Wahyu hlw 6 December 2019 - 00:19:01

Mengapa Musa tidak memasuki tanah kanaan

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Banner Mitra November Week 4


7259

Banner Mitra November Week 4