Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Puji Astuti

Official Writer
2515


Apakah salah satu resolusi Anda di tahun baru ini adalah mendapatkan promosi? Mungkin Anda sudah mengincar sebuah posisi sejak lama, dan Anda berharap di tahun 2016 ini impian tersebut bisa menjadi kenyataan. Jika demikian maka sekarang adalah waktunya untuk membuat gebrakan sehingga atasan Anda bisa melihat potensi Anda untuk mengisi jabatan yang kosong tersebut. 

Jika Anda selama ini sudah bekerja keras dan melakukan pekerjaan Anda sebaik mungkin, maka halangannya mungkin karena atasan Anda tidak melihat Anda menonjol. Untuk itu ada beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menarik perhatian atasan Anda sehingga ia bisa melihat hasil kerja Anda dan melihat potensi yang ada pada Anda. 

1. Meningkatkan standar Anda

Jika Anda mengerjakan apa yang menjadi tugas Anda dengan baik, itu sudah seharusnya. Namun untuk menonjol, Anda harus memiliki inisiatif untuk mengerjakan tugas tambahan atau menjadi solusi atas sebuah permasalahan yang ada dilingkup pekerjaan Anda. Dengan demikian Anda bisa mendemonstrasikan etika kerja Anda, kemampuan, kreatifitas dan juga integritas Anda. Sebelum Anda mendapat kepercayaan untuk sebuah posisi, Anda harus membuktikan bahwa Anda pantas untuk posisi tersebut. 

2. Jangan jadi orang yang bisa digantikan

Tidak banyak yang bisa jadi orang yang seperti ini. Jika Anda bisa menjadi orang yang tidak mudah untuk digantikan atau jika Anda tidak ada maka perusahaan atau rekan dan atasan Anda merasa sangat kehilangan maka Anda akan mudah mendapatkan sebuah promosi. Tunjukkan hal ini bukan hanya dengan keahlian Anda, namun juga dengan sikap dan kebijaksanaan Anda. 

Salah satu cara untuk menunjukan bahwa Anda adalah pribadi yang tidak mudah digantikan adalah dengan mengembangkan orang lain. Dengan menolong orang lain untuk bertumbuh dan mengajarkan mereka pengetahuan yang Anda miliki, Anda memperlihatkan aspek-aspek penting dari pekerjaan Anda, dan juga menunjukkan kepada atasan Anda bahwa Anda siap untuk mendapatkan kepercayaan yang lebih besar. Selain itu, mentoring adalah salah satu keahlian yang harus dimiliki seorang pemimpin. 

3. Perlihatkan kematangan emosi Anda

Anda bisa saja labil secara emosi saat masuk sebagai staf di perusahaan Anda, namun untuk menjadi seorang pemimpin Anda harus memiliki kematangan emosi atau kecerdasan emosi. Jika Anda mudah marah atau kesal saat sesuatu tidak berjalan seperti yang Anda mau, maka Anda belum siap untuk menjadi pemimpin. 

Tingkah laku Anda menunjukkan sejauh mana kematangan emosi Anda. Tunjukkan kepada atasan Anda bahwa Anda mengetahui siapa diri Anda, mau mengakui kelemahan dan bersedia untuk memperbaiki hal itu. Sikap ini menunjukkan bahwa memiliki kedewasaan dalam berpikir dan juga bersedia bekerja keras untuk menjadi lebih baik lagi. 

4. Pastikan bahwa Anda berbicara dalam bahasa perusahaan

Bahasa perusahaan disini adalah tentang visi dan misi perusahaan tempat Anda bekerja. Atasan biasanya sangat menyukai karyawan yang memahami dan menerapkan visi dan misi perusahaannya. Selain itu juga pastikan bahwa Anda mengetahui apa yang menjadi target baik perusahaan secara utuh atau departemen dan target Anda secara pribadi. 

Berbicara dengan pemilihan bahasa yang tepat, mengetahui seluk beluk perusahaan dan membagikannya saat berbincang dengan atasan Anda menunjukkan bahwa Anda memiliki ketertarikan pada peran Anda di perusahaan tersebut. 

5. Jangan takut untuk menyampaikannya

Tidak semua orang ingin promosi; ada beberapa orang yang cukup bahagia diposisinya. Jika tidak maka Anda harus menyampaikannya kepada atasan Anda. Saat waktunya tepat, katakanlah, "Saya tertarik dengan posisi tersebut." Sangat penting untuk tahu apa yang Anda inginkan secara spesifik. Pastikan Anda tahu dengan jelas apa yang menjadi tanggung jawab posisi tersebut, kemampuan apa yang dibutuhkan dan keahlian apa yang Anda butuhkan untuk bisa mengisi posisi tersebut. Jika Anda belum memiliki keahlian tersebut, buatlah rencana yang bisa diaplikasikan untuk menguasainya. 

Lakukan evaluasi

Jika pada akhirnya Anda tidak mendapatkan posisi yang Anda inginkan, maka lakukanlah evaluasi. Bahkan jangan malu untuk bertanya kepada atasan Anda, "kemampuan apa yang perlu saya tingkatkan untuk bisa mendapatkan kesempatan promosi dilain waktu?" Namun jangan sekali-kali bertanya mengapa Anda tidak mendapatkan promosi itu, atau bahkan menyinggung orang yang mendapatkan promosi. 

Promosi tidak terjadi dengan sendirinya, dan tidak juga dijamin akan menghasilkan produktifitas. Karena promosi bukanlah sebuah bentuk penghargaan, namun karena atasan Anda melihat bahwa Anda memiliki potensi untuk memberikan nilai tambah sehingga ia memberi Anda kesempatan dengan peran yang lebih besar lagi. Jadi apakah saat ini Anda sudah siap untuk mendapat promosi?


Sukses  tidak hanya diukur dari berapa banyak yangkita miliki, namun berapa banyak yang kita bagikan. Mari berbagi! Bagikanartikel ini lewat sosial media Anda dan bawa perubahan positif kepada hidupmereka. Dan jangan hanya berhenti disitu. Lakukan lebih dengan bermitra dengankami (Mitra CBN). More info, KLIK DISINI

Sumber : Entrepreneur.com | Jawaban.com | Puji Astuti


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Blante Reynaldy Sirait 29 February 2020 - 00:05:48

Kemalasan

0 Answer

Abram is 28 February 2020 - 19:37:25

Makanan

0 Answer

Willy Caniago 28 February 2020 - 15:08:56

Contoh kasih philia

0 Answer


adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

Banner Mitra Februari 2020 (3)


7267

Banner Mitra Februari 2020 (3)