5 Alasan Konsumsi Chicken Nugget Buruk Bagi Kesehatan
Sumber: stripes-mandurah.com.au

Health / 5 January 2016

Kalangan Sendiri

5 Alasan Konsumsi Chicken Nugget Buruk Bagi Kesehatan

Lori Official Writer
10359
Sebagian besar keluarga masa kini telah menjadikan chicken nugget pilihan menu sarapan praktis keluarga. Padahal bahan makanan olahan yang satu ini sangat berbahaya bagi kesehatan, baik dibeli dalam kemasan mentah atau dibeli siap saji dari pedagang keliling. Setiap orang hanya peduli dengan lezat dan gurihnya chicken nugget saat disantap, namun tidak peduli dengan cara pengolahan dan jenis minyak yang digunakan saat memasaknya.

Lalu mengapa mengkonsumsi chicken nugget buruk bagi kesehatan? Perusahaaan pengolah chicken nugget mengklaim bahwa bahan-bahan yang mereka gunakan untuk mmebuat chicken nugget hanyalah bagian dada daging ayam. Lalu bagaimana dengan komponen lain? Padahal komponen lain yang ternyata dimasukkan dalam nugget terdiri dari TBHQ, GMO jagung, Autolysed Yeast Extract dengan kandungan MSG, Dimetil Polisiloksan Anti-foaming Agent, Sodium, minyak kedelai terhidrogenasi, gula dan gandum. Tak banyak yang tahu bahwa komponen tersebut dapat menimbulkan efek tertentu bagi kesehatan. Oleh karena itu, bagaimana Anda bisa menghindari bahaya dari konsumsi chicken nugget? Simak beberapa alasan di bawah ini.

1.Mengandung minyak kedelai terhidrogenasi yang berdampak buruk bagi kesehatan

Minyak ini pada dasarnya mengandung lemak trans, yang biasanya menjadi penyebab penyakit obesitas. Selain itu, minyak ini bertanggung jawab atas terjadinya gangguan jantung , penyumbatan pembuluh darah serta peradangan bagian organ tubuh.

2. Kandungan gula yang tinggi perburuk kondisi penderita diabetes

Gula adalah salah satu komponen yang digunakan dalam pengolahan chicken nugget. Gula yang digunakan dalam bentuk dekstrosa (glukosa murni). Terlalu banyak mengkonsumsi gula dapat menyebabkan penimbunan lemak dalam tubuh. Meskipun lemak sangat berguna sebagai sumber energi dalam proses pembakaran dalam tubuh, namun lemak yang berlebihan hanya menyebabkan bencana kesehatan. Para penderita diabetes sebaiknya menghindari makanan ini, karena gula dapat menyebabkan hiperglikemia (kadar gula berlebih dalam darah, red).

3. Sodium yang digunakan terlalu tinggi

Salah satu alasan mengapa chicken nugget buruk bagi kesehatan adalah komponen sodium yang digunankan terlalu tinggi. Tahukah Anda berapa jumlah natrium yang digunakan? sDalam 10 nugget terdapat sekitar 1000 mg natrium, sedangkan setiap orang hanya memerlukan 2000-3000 sodium per harinya. Karena chicken nugget tidak mengandung kalium yang berfungsi sebagai penyeimbang, maka tekanan darah Anda bisa saja sedang dalam masalah.

4. Chicken nugget menggunakan gandum dikelantang yang tidak baik bagi kesehatan

Jika Anda membuat chicken nugget di rumah, Anda tentunya bahan yang lebih dipilih adalah tepung yang bebas gluten. Berbeda dengan nugget yang dijual di pasaran yang memakai gandum dikelantang dengan kandungan gluten yang menjadi penyebab penyakit gula darah.

5. Kandungan TBHQ dan Dimetilpolisiloksan yang berbahaya

TBHQ adalah produk berbasisi minyak bumi. Hal ini dapat menyebabkan mutase sel, kerusakan hati, kerusakan sistem reproduksi, perubahan biokimia dan sebagainya. Anda akan mendapatkan kejutan saat mendengar komponen terakhir ini. Produk berbasis silicon ini digunakan dalam pembuatan kosmetik dan sebagai bahan pemadat dalam implant payudara.

Lalu, bagaimana mungkin Andas masih mengkonsumsi chicken nugget? Meskipun lidah Anda merasakan kelezatan dan kegurihannya, namun kandungan berbahaya di dalamnya hanya akan menimbulkan beragam penyakit berbahaya. Akan lebih baik jika Anda mengolah sendiri chicken nugget untuk menjamin kesehatan dan nutrisinya bagi tubuh.


Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Sumber : Boldsky.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami