8 Bagian Terbaik Sayur dan Buah yang Sering Dibuang

8 Bagian Terbaik Sayur dan Buah yang Sering Dibuang

Theresia Karo Karo Official Writer
9022
Mengolah sayur dan buah menjadi makanan yang menyehatkan adalah hal yang penting. Seringkali anda menggunakan bagian daging atau buah untuk dikonsumsi, ternyata bagian yang terbuang seperti kulit dan bagian akar juga bermanfaat bagi tubuh. Bagian yang sering terbuang ini sebenarnya dapat dikonsumsi, seperti berikut:

1. Kulit Bawang
Anda dapat mengolahnya dengan dimasak sebentar bersama sup sebelum disajikan. Kandungan dalam kulit bawang dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah penyumbatan pembuluh darah.

2. Kulit Melon
Bagian ini ternyata memiliki kandungan asam amino yang tinggi dan berperan dalam meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh serta baik dikonsumsi untuk kulit. Kulit melon bisa dibuat menjadi campuran smoothies.

3. Daun Brokoli
Bukan hanya bagian bongkol saja yang dapat di konsumsi, tetapi daun ternyata lebih banyak mengandung vitamin A dan C dibndingkan bongkol. Memasaknya bisa dilakukan seperti memasak daun kubis.

4. Kulit Jeruk

Kita mungkin mengenal kulit jeruk dengan aroma yang kuat berguna untuk mengusir nyamuk. Ternyata vitamin C yang dihasilkan lebih banyak berada pada kulit jeruk. Kulit jeruk dan jenis citrus lain juga memiliki senyawa yang berguna sebagai penurun kolesterol yang bernama polymethoxylated flavones yang juga dapat melindungi jantung

5. Kulit Apel
Guercetin yang merupakan senyawa antioksidan banyak terdapat dalam kulit apel yang juga memiliki lebih banyak serat dan vitamin daripada daging buahnya. Selain itu manfaatnya bisa untuk menjaga fungsi paru-paru hingga otak.

6. Kulit Semangka
Kandungan asam amino bisa meredakan nyeri otot dan menurunkan kadar nitrogen dalam darah. Hampir sama seperti kulit melon, mengolahnya bisa dengan mencampur dalam membuat smoothies.

7. Kulit Kentang
Serat yang paling banyak ditemukan pada kulitnya yang juga mengandung vitamin A, B, C, zat besi, kalsium dan kalium. Bila ingin mengkonsumsinya cukup dengan tidak mengupasnya saat akan diolah menjadi masakan.

8. Biji Labu

Kita tidak perlu bingung mengolah makanan yang satu ini. Biji labu dengan mudah kita dapatkan di supermarket yang diolah menjadi kuaci buah labu. Asupan magnesium harian didapat dari setengah cangkir biji labu yang berguna untuk masalah jantung, osteporosis, dan sakit kepala.

Jadi, masih berpikir untuk membuang bagian yang ternyata bermanfaat lebih untuk tubuh ini? Tidak ada salahnya untuk mencoba bukan. Selamat berakhir pekan!


Sumber : Vemale/Detik.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami