Theresia Karo Karo

Official Writer
2148


Perseteruan antara Israel dan Palestina belum juga menemukan titik temu. Seperti yang kita ketahui, salah satu pangkal persoalannya terkait perebutan hak atas kota suci Yerusalem. 

Peneliti politik dari Universitas Bar Ilan Israel, Menachem Klein, mengungkapkan bahwa konflik keduanya sebenarnya bisa diatasi. Caranya adalah, Israel yang membuka pintu dan bersedia memberi hak-hak Palestina.

"Israel lebih kuat dari Palestina, karena itu dari sisi Israel seharusnya mereka membantu Palestina untuk hidup dengan hak-hak mereka. Masalahnya, Israel tidak melihat Palestina sebagai negara yang setara dengan mereka," ungkap Klein seperti yang dilansir dari Liputan6.com (15/12).

Sebagai negara yang lebih kuat, Klein beranggapan bahwa Israel harus bisa menerima agama, latar belakang, dan hak-hak penduduk Palestina yang setara di Yerusalem. Dan untuk realisasinya, dibutuhkan juga bantuan internasional.

“Memang (bantuan internasional) bisa membantu di satu sisi. Yang terutama adalah tugas kami yaitu Palestina dan Israel untuk berusaha. Kami pasti butuh bantuan Internasional,” terangnya.

Bila hak pemenuhan ini terwujud, Klein pun yakin akan terjadi hal baik antara Israel dan Palestina, termasuk kemungkinan keduanya hidup berdampingan dengan damai. “Saya ingin melihat dua negara ini ada hubungan dan koneksi. Saya ingin adanya akses yang terbuka, kesetaraan, dan membangun komunikasi yang baik antara Israel dan Palestina, namun tidak memisahkan Yerusalem," tutup dia.

Sementara itu, Wakil Ketua Komite Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Palestina (CEIRPP) Desra Percaya mengungkapkan bahwa konflik dua negara ini telah dimanfaatkan beberapa kepentingan untuk menggiring opini publik pada konflik agama.

"Kita harus menyadari fakta ini dan menolak upaya-upaya yang meyakinkan kita untuk menerjemahkan konflik ini dalam pandangan agama," ujarnya dalam penutupan ‘Konferensi Internasional tentang Yerusalem’ di Jakarta, Selasa lalu (15/12).

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Sumber : Kompas/Liputan6.com by tk


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7245

Banner Mitra Juli 1-2