7 Tips Detoksifikasi Tubuh Sehabis 'Makan Besar'

Health / 30 December 2015

Kalangan Sendiri

7 Tips Detoksifikasi Tubuh Sehabis 'Makan Besar'

Theresia Karo Karo Official Writer
3686

Natal dan Tahun Baru adalah momen berkumpul bagi sebagian besar keluarga. Ketika berkunjung ke rumah kerabat, kita akan disuguhi berbagai makanan istimewa yang kebanyakan mengandung banyak minyak, lemak, dan gula. Bukannya melarang Anda untuk menyicipi berbagai makanan lezat, namun jangan lupa untuk tetap mengasup makanan yang berserat, makan dalam porsi kecil, dan mengatur makan berdasarkan kunjungan.

Selain itu setelah 'makan besar', tubuh juga perlu detoksifikasi untuk membuang racun. Berikut 7 tips yang dikutip dari Cosmopolitan UK, agar racun dalam tubuh dapat terbuang dengan mudah setelah 'makan besar':

Perbanyak Cairan

Minumlah air secukupnya terutama saat anda merasa haus karena air berfungsi untuk menyaring kotoran yang dihasilkan tubuh. Penuhi kebutuhan air dalam tubuh setidaknya 8 gelas per hari. 

Batasi Konsumsi Kalori

Atur asupan kalori yang masuk dalam tubuh menjadi 1.400-1.600 kalori per hari. Hal ini akan mempengaruhi berat badan tanpa membuat tubuh lemas. Membatasi bukan berarti menghilangkan, sebab tubuh juga memerlukan kalori untuk beraktifitas.

Menu Sarapan Sehat

Jangan lupa untuk sarapan dengan rutin. Setiap kita butuh sarapan untuk memulai hari dengan energi yang cukup. Pilihlah menu sarapan yang sehat dan jangan terlalu berat, seperti buah-buahan dan sayuran segar. 

Konsumsi Smoothies

Smoothies dapat dikonsumsi secara praktis dan nikmat dengan campuran sayuran hijau. Haluskan beberapa sayuran seperti bayam, brokoli, wortel dan rempah-rempah seperti jahe,  daun parsley, basil, dan kayu manis. Untuk menambahkan rasa manis, bisa masukan setengah buah apel atau jeruk dan protein yang didapat dari gandum, yogurt, susu kedelai, dan telur putih. Campuran ini menjadi sangat sehat karena mengandung banyak vitamin, mineral, fitokimia, dan antioksidan yang dibutuhkan tubuh. 

Asupan Protein

Bila memang anda tidak sempat membuat smoothies, gantilah dengan makanan yang kaya akan protein. Seperti ikan, ayam tanpa lemak, kacang-kacangan, dan gandum utuh. 

Siapkan Cemilan

Pembuangan racun dalam tubuh, bukan berarti Anda harus menahan lapar. Saat jeda antara makan siang dan makan malam atasi lapar dengan snack sehat seperti buah-buahan dan kacang-kacangan.

Atur Asupan Makanan

Saat kunjungan keluarga, bisa saja Anda mengonsumsi makanan tinggi lemak dan gula. Meski begitu, sebisa mungkin hindari makanan yang mengandung gula buatan, tepung, nasi, daging berlemak, minuman bersoda, dan olahan susu yang tidak non-fat. Selain itu, disarankan juga konsumsi makanan yang mengandung gluten seperti gandum utuh.

Ahli detoks Dr. Christine Gerbstadt menyarankan untuk tetap mengkonsumsi gandum dalam proses detoksifikasi. Hal ini dikarenakan peran gandum sebagai penghilang kolesterol. Sebaiknya dikonsumsi dua kali dalam porsi kecil setiap harinya. 

Terakhir dan tidak kalah penting adalah berolahraga. Pengaturan pola makan dan olahraga sangat dibutuhkan untuk mendapatkan tubuh sehat setelah menikmati berbagai santapan di Hari Besar. Setelah acara keluarga berakhir, baiknya Anda kembali menaati aturan gizi yang seimbang dan bersantap sehat.

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Sumber : Vemale/Wolipop.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami