Warga Non-Kristen Dukung Perayaan Natal di Yordania

Warga Non-Kristen Dukung Perayaan Natal di Yordania

Lori Official Writer
7637

Penyambutan Natal yang sebentar lagi dirayakan umat Kristiani Yordania, warga non Kristen menunjukkan toleransinya dengan ikut berkumpul di bawah pohon Natal di gereja Lutheran, dekat situs baptisan Yesus pada akhir pekan lalu.

Dukungan ini dipandang sebagai wujud dari kerukunan hidup antarumat beragama di Yordania. Warga non Kristen dilibatkan untuk ikut serta memasang lampu di pohon Natal setinggi 12 meter itu. Aksi damai ini juga dilengkapi dengan penyampaian pesan damai kepada semua umat dan seluruh jajaran kepolisian Yordania yang bertugas mengkawal keamanan selama perayaan Natal.

Acara ini diselenggarakan oleh Presiden Federasi Lutheran  Sedunia di Shouneh. Di tengah-tengah penyalaan lampu pohon Natal, dia menyampaikan pesan damai agar umat Kristen dan Non-Kristen di seluruh dunia bisa hidup saling berdampingan.

“Yordania telah menjadi model (kerukunan hidup beragama, red) dan jika itu mungkin terjadi di Yordania, itu juga mungkin terjadi di seluruh dunia,” ucapnya, seperti dilansir Christiantoday.com, Selasa (15/12).

Seperti diketahui, Yordania dikenal sebagai negara dimana Yesus dibaptis di Sungai Yordan yang terletak di sebelah barat Israel dan timur Yordania. Selain itu, Yordania juga menyimpan sejarah lain dari pelayanan Yesus, seperti tempat Yesus beristirahat di Yeriko dan tempat Yesus berdoa dengan para murid-murid pertama-Nya.

Sementara umat Kristiani Yordania dikenal menjadi salah satu komunitas Kristen tertua di dunia. Kekristenan sudah ada di Yordania setelah penyaliban Yesus di awal abad ke-1 Masehi. Populasi umat Kristen terbilang lebih rendah dari warga Muslim yang semakin dipadati para pendatang dari negara tetangga, Suriah dan Lebanon. Meski begitu, sejarah penting kehidupan Yesus yang sebagian besar berada di Yordania tetap dilestarikan dan banyak dikunjungi peziarah dari ebrbagai belahan negara. Hal itu menjadi salah satu alasan umat beragama di negara ini saling menghormati dan hidup rukun.

Semoga kerukunan beragama di Yordania juga terjadi di seluruh negara di belahan dunia. Selamat menyongsong Natal yang penuh damai dan sukacita.

Sumber : Christiantoday.com/jawaban.com

Ikuti Kami