Pemilik Klub Arsenal adalah Pekerja Keras dari Iran

Pemilik Klub Arsenal adalah Pekerja Keras dari Iran

daniel.tanamal Official Writer
2954
Salah satu klub sepakbola papan atas Inggris, Arsenal adalah klub mendunia yang punya banyak penggemar fanatik. Dengan prestasi dan sejumlah pemain bintang, berikut dengan akademi sepakbola yang selalu menelurkan pesepakbola muda bertalenta tinggi, The Gunners menjadi salah satu klub terkaya di daratan Eropa. Siapa sangka, dibalik mereka ada tiga orang pemilik, yang salah satunya kelahiran Iran yang dikenal pekerja keras dan punya perjalanan hidup yang inspiratif!

Farhad Moshiri, lahir di Iran pada 1955 dari seorang ayah yang merupakan seorang dokter untuk militer di Iran dan ibunya adalah salah satu pemilik dari percetakan bernama Kayhan. Keluarga ini meninggalkan Negeri Para Mullah itu pada bulan Februari 1979, hanya beberapa bulan sebelum Revolusi Iran terjadi. Tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras. Farhad belajar akuntansi di universitas London. Ketika lulus kerja farhad bekerja di Ernst & Young, sebuah perusahaan finansial di Inggris. Kemudian pindah di Pannel Kerr Forster, sebelum akhirnya bergabung dengan Deloitte & Touche. Dengan pengalaman tersebut, Farhad sangat mahir dibidang akuntansi.

Kemahirannya dalam berbisnis membuka jaringan dan hubungannya dengan beberapa pebisnis papan atas. Salah satunya adalah Alisher Usmanov, pebisnis legenda dari Rusia. Walaupun tidak menjadi orang terkaya di dunia, Usmanov memiliki setidaknya kekayaan 196 triliun rupiah. Jika Anda butuh bayangan, setidaknya Anda bisa hidup tanpa bekerja selama 392 tahun, jika biaya hidup Anda sebesar 5 juta rupiah perbulan.

Farhad bukan sekedar teman dekat dari Usmanov, mereka berkenalan ketika Usmanov membutuhkan seorang penasihat keuangan. Ketika itu Usmanov melihat Farhad seperti saudara karena masih keturunan Iran, sedangkan Usmanov merupakan warga Rusia keturunan Afghanistan. Mereka berdua bekerja sama sejak tahun 1993. Pada tahun 1993, Farhad bekerja di Middlesex, sebuah perusahaan penyalur aluminium dari Asia ke negara-negara di Eropa. Karena kedekatan mereka berdua itulah, akhirnya Farhad bekerja sebagai salah satu pemegang saham di perusahaan minyak Usmanov.

Meskipun darah Iran mengalir didalam tubuhnya, toh Farhad telah menjadi warganegara Inggris. Dimana salah satu kultur yang paling kental adalah warga Inggris menggilai sepakbola. Begitupun Farhad. Karena tinggal di London, Farhad menyukai Arsenal, yang memang mempunyai basis pendukung para imigran. Bersama Usmanov, Farhad membeli 10% saham dari Arsenal pada tahun 2007, kemudian sekarang kepemilikan saham mereka di Arsenal meningkat menjadi 30%. Keduanya juga menginisiasi investasi pengembangan website Arsenal.

Saat ini Farhad menjadi orang terkaya nomor 17 di Inggris. Sekarang Farhad merupakan salah satu pemilik dari Red & White Holdings, sebuah perusahaan tambang besi dan minyak bumi asal Russia.


Sumber : studentpreneur

Ikuti Kami