Thailand Akan Tiru Cara Menteri Susi Berantas Illegal Fishing

Thailand Akan Tiru Cara Menteri Susi Berantas Illegal Fishing

daniel.tanamal Official Writer
2571
Cara Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam melakukan pemberantasan penangkapan ikan ilegal atau illegal fishing, unreported, and unregulated fishing (IUU Fishing) menarik perhatian pemerintah Thailand untuk melakukan langkah yang serupa.

? ?Kami memahami dan berkomitmen kuat dalam memberantas illegal fishing. Dan kita sekarang sudah berkolaborasi lebih dekat, kerjasama dengan serius untuk mengatasi problem, untuk kepentingan semua, dengan cepat sebisa kita,” kata Menteri Pertanian Thailand Chatchai Sarikulya dalam pertemuan dengan Susi.

Usai pertemuan itu, Chatchai menyampaikan bahwa pemerintah Thailand saat ini lebih terbuka dalam kerjasama dengan pemerintah Indonesia dalam pemberantasan IUU Fishing. Pemerintah Thailand juga berkomitmen dalam mengendalikan aktivitas penangkapan ikan lokal yang tidak resmi. Dia mengatakan, pemerintah Thailand akan meniru cara Susi dalam memberantas illegal fishing.  “Saya terimakasih telah disambut baik di sini. Dan saya akan melakukan hal yang sama di Thailand nanti,” kata dia lagi.

Dalam kesempatan sama, Susi menuturkan, pemerintah Thailand akan berlaku lebih tegas lagi terhadap pelaku illegal fishing.  “Kapal (yang melanggar IUU Fishing) yang akan pulang dari sini juga akan dia hukum di sana,” ungkap Susi.

Kerjasama dengan Thailand dalam hal pemberantasan illegal fishing tidak akan jauh berbeda dari yang sudah diterapkan di Indonesia. Kapal-kapal pencuri ikan, apabila dinyatakan bersalah secara hukum, tetap akan ditenggelamkan.  “Kalau mereka masih bandel, yang ketangkep ya ditenggelamin, seperti biasa. Kita kan mencoba mau menyelesaikan (IUU Fishing) bersama. Tapi kan bukan berarti yang mencuri tidak ditenggelamin,” tegas Susi.


Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami