Jembatan Musa Membelah Laut Merah Jadi Wisata Populer Belanda

Jembatan Musa Membelah Laut Merah Jadi Wisata Populer Belanda

Lori Official Writer
3538

Nabi Musa adalah salah satu tokoh Alkitab yang dikenal luas melalui tindakannya yang begitu fenomenal saat hendak membebaskan orang-orang Israel dari Mesir. Saat Musa hendak menolong bangsa Israel bebas dari kejaran raja Firaun, Tuhan memerintahkan untuk merentangkan tongkatnya ke arah laut Merah sehingga laut terbelah menjadi dua dan air tertaham pada kedua bagiannya. Lalu orang-orang Israel mulai melewati tanah yang kering dan tiba dengan selamat menyeberangi laut (baca Keluaran 12-15).

Kisah fenomenal inilah yang kemudian diangkat oleh lembaga arsitek Belanda sebagai inspirasi membangun Jembatan Musa di Halsteren, Belanda. Jembatan itu digarap oleh lembaga arsitek RO&AD dengan membuat sebuah jembatan tepat membelah sebuah sungai.

Jembatan didesain dengan menggunakan kayu tahan air berlapis kertas timah. Tidak seperti jembatan pada umumnya, jembatan ini terbentang seperti selokan yang dibangun untuk terlihat menyatu dengan gambaran lanskapnya. Jembatan ini adalah hasil renovasi dari jalan rahasia yang menghubungkan parit pertahanan dengan benteng Roovere yang digunakan saat perang abad ke-17. Roovere adalah bagian dari garis pertahanan yang dibuat Belanda pada tahun 1622 untuk melindungi diri dari serangan Perancis dan Spanyol. Setelah lama ditelantarkan, jembatan ini kemudian direnovasi dan berubah menjadi daya tarik wisata dan rekreasi.

Uniknya, jembatan ini dipasang pompa khusus untuk mencegah genangan air saat musim hujan tiba. Menurut pihak RO&AD, pembangunan jembatan ini hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja. Hebatnya, kualitas jembatan tak perlu diragukan!

Tertarik ingin menyaksikan Jembatan Musa secara langsung?

Sumber : Berbagai Sumbers/jawaban.com/ls

Ikuti Kami