Theresia Karo Karo

Official Writer
4122


Selama KTT G-20 2015 diselenggarakan pada tanggal 15 hingga 16 November 2015, di kota Antalya, Turki, sempat merebak isu ISIS yang mengklaim pihaknya sebagai dalang dibalik serangan di Paris pada akhir pekan lalu (13/11).

Akibatnya,  sempat muncul wacana agar Amerika Serikat menerima pengungsi Suriah hanya dari satu kelompok agama saja. Menanggapi hal ini, Presiden Barack Obama yang diwawancarai dalam jumpa pers di KTT G-20, dengan tegas menolak wacana tersebut.  

"Bila saya mendengar orang berkata, 'Mungkin AS perlu hanya menerima pengungsi Kristiani dan tidak pengungsi Muslim'. Bila saya mendengar tokoh politik yang mengusulkan batasan agama bagi orang yang melarikan diri dari negara yang dilanda perang, padahal tokoh yang bersangkutan sebagian berasal dari keluarga yang pernah juga dilindungi AS saat mereka melarikan diri dari penindasan politik, ini memalukan. Ini bukan cara Amerika. Itu bukan sifat bangsa Amerika. AS tak mempertimbangkan agama dalam memberi pertolongan,” terangnya.

Walau tidak menyebutkan nama, salah satu tokoh yang mengusulkan penolakan terhadap pengungsi Suriah yang beragama Islam adalah Senator Ted Cruz asal Texas. Sebab ayah dari bakal calon presiden dari Partai Republik ini dulunya adalah seorang pengungsi yang berasal dari Kuba. 

Selain itu, meski tidak menyinggung masalah agama, penolakan ini juga disuarakan oleh Gubernur dari setidaknya lima negara bagian di AS. Mereka adalah Gubernur Michigan, Rick Snyder, Gubernur Texas Gregg Abbot, Gubernur Louisiana Bobby Jindal, serta dua negara bagian lain Alabama dan Arkansas yang juga menolak relokasi pengungsi Suriah di wilayah mereka. 

Sebab ada dugaan bahwa salah satu dari pelaku teror di Paris menyelinap masuk Eropa dalam gelombang pengungsi yang melarikan diri dari perang saudara di Suriah. Sehingga dianggap sebagai ancaman keamanan di AS. Walau begitu, menurut Presiden Obama, pengungsi yang boleh masuk ke AS telah melewati prosedur penyaringan yang ketat. 

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Sumber : Kompas/Voaindonesia.com by tk


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

advertise with us


7235

Kanan Agustus