Bona Sigalingging: Relokasi GKI Yasmin Itu Kesepakatan Kongkalingkong
Sumber: Daniel Tanamal - Jawaban.com

Nasional / 12 November 2015

Kalangan Sendiri

Bona Sigalingging: Relokasi GKI Yasmin Itu Kesepakatan Kongkalingkong

Lori Official Writer
4955
Juru bicara Gereja Kristen Indonesia (GKI) Yasmin, Bona Sigalingging menyatakan penolakan terkait relokasi gereja oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Penolakan ini disuarakan di kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, Rabu, 11 November 2015 siang kemarin.

Bona menyebutkan upaya relokasi bukan jalan penyelesaian persoalan GKI Yasmin. Upaya itu hanya menciderai konstitusi. “Relokasi itu berbahaya karena ini mengkhianati dan mengingkari Bhineka Tunggal Ika. Jangan sampai pemerintah daerah lain mengikuti apa yang dilakukan Bima Arya (selaku Wali Kota Bogor). Kami maunya yang di situ saja,” ucap Bona, seperti disampaikan Rabu (11/11).

Seperti dikutip dari Tribunnews.com, relokasi ini dilakukan dengan kesepakatan diam-diam antara Pemkot Bogor dan GKI Pengadilan selaku induk GKI Yasmin. Sehingga timbul kecurigaan dibalik kesepakatan yang tidak melibatkan pihak GKI Yasmin itu sebagai konspirasi. “Seperti yang dikatakan Bima, Agustus lalu, Pemkot Bogor hanya mau bicara dengan GKI Pengadilan, yang secara sejarah memang induk dari GKI Yasmin. Tapi semua kesepakatan ini adalah kesepakatan yang menurut Ombudsman, kesepakatan kongkalingkong,” terangnya.

Bona mengingatkan GKI Yasmin seharusnya tidak ikut campur atas persoalan ini. Sebab menyetujui relokasi adalah tindakan yang melawan pendeta-pendeta GKI. Bona juga mendesak agar Pemkot Bogor menghentikan upaya-upaya memecah belah jemaat GKI Yasmin. “Bima arya segera mematuhi dan melaksanakan putusan Mahkamah Agung serta melakukan rekomendasi wajib Ombudsman RI dengan membuka gereja GKI di Taman Yasmin agar jemaat dapat mulai beribadah di dalam gereja sendiri,” tandasnya.

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Sumber : Kompas.com/Tribunnews.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami