Pemerintah Didesak Masukkan Katolik dalam Kolom Agama di KTP
Sumber: intisari-online.com

Internasional / 8 November 2015

Kalangan Sendiri

Pemerintah Didesak Masukkan Katolik dalam Kolom Agama di KTP

Theresia Karo Karo Official Writer
5780

Tokoh Masyarakat Katolik Medan, Hendrik Halomoan Sitompul mendesak Pemerintah Kota Medan untuk mencantumkan agama Katolik sebagai salah satu isian dalam kolom agama di Kartu Tanda Penduduk yang diterbitkan. Pasalnya, banyak KTP warga Katolik di Medan yang kolom agamanya hanya dituliskan Kristen. 

Menurutnya penulisan Kristen di kolom agama identik dengan Kristen Protestan, bukannya Katolik. Hal ini juga yang mengakibatkan data antara Pemkot dan Keuskupan Agung Medan menjadi tidak sinkron. 

Sehingga Hendrik beranggapan bahwa umat Katolik sudah dirugikan, seolah-olah dimarginalkan. Padahal selama ini pertumbuhan umat Katolik di Medan cukup tinggi. 

"Kebaktian kami selalu berjalan semarak dan ramai dengan kedatangan umat. Tapi dari aspek administrasi kepemerintahan, kami seolah dianggap bagian kecil. Untuk itu kami meminta agar Katolik tetap dipakai. Ini juga akan membantu dari sisi pendataan, baik buat pemerintah maupun buat kami," ungkap Hendrik, seperti yang dilansir dari Okezone (8/11). 

Selain dari sisi administrasi, dia juga menilai bahwa selama ini pemerintah jarang memberikan bantuan kepada umat Katolik. "Saya kira belum ada bantuan untuk guru atau pastor maupun pengurus-pengurus gereja Katolik. Padahal sinergitas antara pemerintah dengan mereka penting untuk ditingkatkan dalam rangka menyerukan pada umat untuk mensukseskan program pemerintah kota," katanya. 

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik disini. 

Sumber : Okezone/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami