Vatikan Kecam Buku Baru yang Beberkan Skandal Gereja
Sumber: Churchandstate.org.uk

Nasional / 5 November 2015

Kalangan Sendiri

Vatikan Kecam Buku Baru yang Beberkan Skandal Gereja

Lori Official Writer
7469

Vatikan kebakaran jenggot setelah dua wartawan Italia membeberkan skandal keserakahan, persekongkolan, penyalahgunaan keuangan dan tindak korupsi di Gereja Katolik dalam buku ‘Saudagar di Gereja’ karya Gianluigi Nuzzi dan ‘Ketamakan’ karya Emiliano Fittipaldi yang akan diluncurkan pada Kamis (3/11).

Namun Vatikan menyatakan kedua buku tersebut memicu kebingungan yang menjurus atas pernyataan berisi penangkapan dua anggota Komisi Reformasi Keuangan Vatikan karena diduga membocorkan dokumen rahasia kepada kedua penulis tersebut. “Harus dicatat, membocorkan informasi dan dokumen rahasia adalah kejahatan,” demikian pernyataan pihak Vatikan, seperti dilansir Merdeka.com, Rabu (4/11).

Seperti diketahui, buku ‘Saudagar di Gereja’ berisi sejumlah dokumen, wawancara, dan rekaman rapat antara Paus Fransiskus dan para pejabat Vatikan pada Juli 2013 atau empat bulan setelah terpilih. Saat itu, ia mengeluh kepada pejabat tinggi Vatikan terkait pembengkakan pengeluaran Vatikan. “Kita harus memperjelas situasi keuangan Tahta Suci dan membuatnya lebih transparan. Kejelasan. Itulah yang dilakukan di perusahaan kelas rendah sekalipun, dan kita juga harus melakukannya. Tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa sebagian besar pembelanjaan kita sudah di luar kendali,” ucap Paus dalam rekaman rahasia yang ditulis dalam buku .

Nuzzi menekankan kasus minimnya keuangan Vatikan akibat penyalahgunaan keuangan oleh pejabat Vatikan, salah satunya tentang gaya hidup mewah sejumlah kardinal. Ia juga menemukan banyak pihak yang mencoba menggagalkan upaya reformasi yang sedang dijalankan Paus Fransiskus di tubuh Vatikan.

Sementara Fittipaldi dalam bukunya ‘Ketamakan’ mengungkap fakta tentang pemborosan dana sumbangan dari sebuah yayasan kesehatan di Roma. Dana yang diterima Vatikan justru dialihkan untuk membayar pemugaran apartemen seorang cardinal senior. Wartawan L’Espresso ini juga mengatakan dana lainnya digunakan untuk keperluan pribadi Kardinal.

Namun pihak Vatikan mengecam kedua penulis buku tersebut dengan tuduhan mencoba mengambil keuntungan dari dokumen curian dan menyatakan tindakan mereka ilegal. Sementara tindakan pembocoran dokumen itu disebut sebagai penghianatan serius atas kepercayaan yang diberikan Paus Fransiskus.


Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Sumber : Antaranews.com/Merdeka.com
Halaman :
1

Ikuti Kami