Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Puji Astuti

Official Writer
3980


Salah satu kunci kesuksesan adalah persiapan, karena kita tidak pernah tahu kapan kesempatan datang, namun kita bisa mempersiapkan diri sehingga ketika kesempatan itu tiba, hal tersebut tidak lewat begitu saja. Mempersiapkan diri untuk mengakhiri tahun 2015 dengan gemilang dan memasuki tahun 2016 dengan optimisme adalah salah satunya. Salah satu yang perlu dibereskan dan dipersiapkan adalah masalah keuangan sehingga memasuki 2016 Anda dapat bernafas lega.

Jadi jangan tunda lagi, karena tidak terasa tiba-tiba bulan November dan Desember akan berlalu. Berikut ini adalah saran dari Jawaban.com beberapa hal terkait keuangan dan investasi yang perlu Anda persiapkan dan bereskan :

1. Mengatur anggaran akhir tahun menjelang liburan Natal dan Tahun Baru

Jika Anda tidak membuat anggaran, maka pengeluaran bisa tidak terkendali. Terlebih jika sudah bicara tentang persiapan hari Natal, mulai dari pernak-pernik hingga hadiah yang harus dibeli untuk keluarga dan juga sahabat-sahabat Anda. Jika anggaran Anda tahun ini sangat ketat, maka Anda bisa mempersiapkan hadiah hasil kreasi Anda sendiri. Karena itu Anda perlu mempersiapkannya dari sekarang.

2. Rencanakan berapa besar sumbangan atau persembahan yang akan Anda berikan

Jelang perayaan Natal sudah tidak asing lagi ada berbagai proposal atau permintaan untuk memberikan sumbangan untuk pelaksanaan perayaan Natal. Karenanya Anda perlu membuat perhitungan yang matang seberapa besar Anda akan memberikan persembahan untuk Natal ini. Selain itu Anda juga perlu mempersiapkan untuk persembahan di bulan Januari 2016, beberapa gereja biasanya ada yang menganjurkan untuk memberikan persembahan sulung awal tahun.

3. Mengatur alokasi investasi

Jelang akhir tahun Anda perlu melakukan evaluasi atas portfolio investasi Anda. Jika Anda melakukan investasi di saham, Anda perlu menyeibangkan dengan ivestasi yang resikonya lebih kecil seperti deposito, emas atau obligasi. Biasanya investor memiliki paling tidak 30% dananya diinvestasikan di jenis investasi ini.

Selain menyeimbangkan portfolio, Anda juga perlu mulai mempelajari saham atau instrumen investasi yang akan Anda beli di tahun 2016 nanti. Bahkan jika bisa Anda konsultasi dengan ahli dibidangnya.

4. Periksa apakah simpanan pensiun Anda sudah mencapai target

Meningkatkan jumlah simpanan pensiun atau simpanan hari tua sangat penting untuk mengamankan masa depan Anda. Biasakan untuk membuat target berapa jumlah yang Anda inginkan setiap tahunnya. Jika Anda belum memiliki, maka sekarang adalah saat terbaik untuk memulainya. Pisahkan rekening untuk simpanan hari tua dengan rekening investasi Anda. Pastikan Anda tidak mempergunakan simpanan hari tua untuk investasi, karena hal tersebut sangat beresiko.

5. Melunasi hutang

Periksa kondisi keuangan Anda, terutama hutang. Jika bisa bereskan sebelum akhir tahun, namun jika tidak pastikan bahwa kredit Anda lancar. Baik itu kartu kredit, KTA ataupun hutang dengan teman atau saudara, sebisa mungkin untuk dilunasi segera.

Selain hutang, juga jangan lupa untuk membayar pajak. Baik pajak penghasilan jika Anda wirausaha atau bisnis, ataupun pajak kendaraan. Membayar pajak kepada pemerintah juga harus menjadi prioritas Anda, sama pentingnya Anda memberi persembahan kepada gereja. Pastikan menjelang akhir tahun pembayaran pajak Anda tidak tertunggak.

6. Pastikan Anda memiliki asuransi kesehatan sepanjang 2016

Jika Anda mendapatkan asuransi dari perusahaan, maka Anda patut bersyukur. Namun ada baiknya Anda memiliki cadangan asuransi pribadi, saat ini pemerintah menganjurkan setiap penduduk memiliki jaminan kesehatan melalui BPJS Kesehatan, pastikan Anda memilikinya. Atau jika Anda memiliki keleluasaan anggaran, Anda bisa memilih asuransi swasta yang untuk menutup pengobatan yang tidak ditanggung oleh asuransi kantor.

7. Jadwalkan untuk pemeriksaan kesehatan

Salah satu yang jarang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia adalah melakukan pemeriksaan kesehatan atau medical check up. Sangat penting melakukan medical check up, karena Anda bisa menghindari berbagai penyakit dengan melakukan deteksi dini. Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati? Jadi pastikan Anda menyediakan dana dan waktu untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Ingat bahwa kesehatan Anda adalah investasi terbesar Anda, karena jika tubuh sehat maka Anda bisa melakukan banyak hal. Sebaliknya, jika sakit maka dana sebesar apapun yang Anda miliki bisa habis dalam sekejab.

Nah, apakah Anda sudah melakukan ke 7 hal di atas? Jika belum mulai dari sekarang ya, jangan ditunda lagi. Jangan biarkan kesempatan emas lewat dari genggaman Anda. Ingat ya, gagal mempersiapkan berarti mempersiapkan untuk gagal.


Sukses  tidak hanya diukur dari berapa banyak yang kita miliki, namun berapa banyak yang kita bagikan. Mari berbagi! Bagikan artikel ini lewat sosial media Anda dan bawa perubahan positif kepada hidup mereka. Dan jangan hanya berhenti disitu. Lakukan lebih dengan bermitra dengan kami (Mitra CBN). More info, KLIK DISINI

Sumber : Forbes.com | Jawaban.com | Puji Astuti


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Sandry Muskitta 23 January 2020 - 23:19:37

Baru sama sekali

0 Answer

Sandry Muskitta 23 January 2020 - 23:17:44

Baru sama sekali

0 Answer

ivana rambu 23 January 2020 - 21:08:09

Orang yang bisa melihat petunjuk tuhan

0 Answer


[email protected] 22 January 2020 - 18:35:12
Saya sedang ada masalah financial, mohon bantu did... more..

Ika Wiji 20 January 2020 - 17:14:09
Mohon bntuan doa dan dukungannya. Saat ini saya se... more..

King Wardi 16 January 2020 - 20:07:08
Saya mohon didoakan, agar saya mendapatkan pekerja... more..

Dianawaty 16 January 2020 - 15:05:05
apa yg harus ak lakukan hununganku dengan kakak yg... more..

Banner mitra januari 4


7269

Banner solusi talks