Uskup Ini Ingatkan Gereja Inggris Berhenti Pakai ‘He’ Untuk Tuhan

Uskup Ini Ingatkan Gereja Inggris Berhenti Pakai ‘He’ Untuk Tuhan

Lori Official Writer
3424

Uskup perempuan Glouscester, Rt Rev Rachel Treweek mengingatkan gereja Inggris agar berhenti menggunakan kata ‘He’ untuk menyebut Tuhan. Ia menilai hal ini hanya akan menambah kekeliruan soal jenis kelamin Sang Pencipta.

“Tuhan menciptakan manusia dalam rupanya. Jika saya diciptakan menurut gambar Tuhan, maka Tuhan tidak harus dilihat sebagai laki-laki. Tuhan adalah Tuhan,” ucap Treweek sesaat setelah Majelis Tinggi memperkenalkannya sebagai salah satu Parliaments 26 lords Spiritual.

Ia mengaku, saat banyak orang menggunakan ‘He’ dan ‘She’ untuk menggambarkan Tuhan, dirinya secara pribadi justru lebih memilih menggunakan kata ‘Tuhan’. Perdebatan sebutan Tuhan ini di tengah gereja Inggris dinilai bukan tentang persoalan kesetaraan, melainkan sebagai ajakan kepada orang-orang. “Saya tidak ingin menyinggung siapa pun, tapi ingin menantang setiap orang dengan lembut”.

Sementara, reverend Dr Miranda Threfall-Holmes, pendeta dari Belmont dan Pittington di Durman sekaligus wakil ketua Persekutuan Wanita dan Gereja meresponi gagasan Treweek dengan baik. Ia mengatakan bahwa perdebatan ini sebenarnya sudah berlangsung hampir 30 tahun silam, namun tetap saja belum menemukan solusi. Hingga tercetus ide untuk mengangkat uskup perempuan yang dinilai bisa membuka mata setiap orang tentang Tuhan. Karena selama ini, para teolog selalu ebrpendapat bahwa Tuhan itu adalah laki-laki.

“Kita diciptakan menurut gambar Tuhan, tapi Tuhan tidak memiliki jenis kelamin. Tuhan berada di luar kategori jenis kelamin,” ucap Miranda.

Seperti diketahui, bahasa Inggris memang menggunakan kata 'He' dan 'She' sebagai sebutan untuk Tuhan dan tidak memiliki kata pengganti lainnya. Sementara, dalam bahasa Swedia tidak ada pengunaan kata ganti untuk laki-laki dan perempuan, sehingga kata Tuhan biasanya diucapkan dengan kata yang mereka percayai.


Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Sumber : Independent.co.uk/jawaban.com

Ikuti Kami