Menag Mediasi Konflik Aceh Singkil Lewat Dialog

Menag Mediasi Konflik Aceh Singkil Lewat Dialog

Lori Official Writer
3430

Kunjungan Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin ke Kabupaten Aceh Singkil pada Senin (26/10) kemarin merupakan realisasi rencana mediasi konflik pembakaran gereja yang terjadi pada Selasa (13/10) lalu.   Mediasi ini digelar dalam bentuk dialog bersama dengan Gubernur Aceh Zaini Abdullah, Bupati Aceh Singkil Syafridia dan para tokoh agama.

Ia menyayangkan terjadinya konflik pembakaran gereja tersebut di tengah kemajemukan yang ada di Indonesia. Masing-masing suku di Indonesia bahkan dipercaya telah berusaha menghindari terjadinya konflik. “Walaupun beragam, tapi hakikatnya kita satu juga. Setajam apa pun perbedaan, masyarakat Indonesia diikat dengan persaudaraan,” ucap Menag Lukman kepada seluruh hadirin yang hadir.

Sebagai bangsa yang terdiri dari beragam suku bangsa, sejak dulu Indonesia sudah berupaya menjaga dan memelihara keharmonisan bangsa. Konflik yang terjadi beberapa waktu lalu, katanya, hanyalah ulah sekelompok orang yang tak puas dengan kesepakatan pemerintah dan masyarakat terkait penertiban bangunan gereja yang tak berizin.

Dengan itu, Menag mengingatkan agar semua pihak dapat mencari solusi bersama. Sementara pemerintah pusat akan mendukung upaya tersebut dengan mengedepankan dialog sebagai sarana menemukan jalan kesepakatan demi kepentingan bersama. Ia mengingatkan agar setiap pihak menghindari konflik yang hanya akan memecah belah bangsa dan menimbulkan dampak buruk pada generasi mendatang.


Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Sumber : Liputan6.com/Suaramerdeka.com

Ikuti Kami