7 Tipe Teman Negatif yang Merusak Anda

7 Tipe Teman Negatif yang Merusak Anda

Lori Official Writer
7749

Berteman dengan siapa saja sah-sah saja. Asal bisa memberi Anda dampak yang baik, bukan sebaliknya mengubah Anda menjadi lebih buruk. Dalam kehidupan, akan selalu ada orang-orang yang positif dan negatif, baik dan buruk. Untuk itu Anda patut mengenali lebih dekat orang-orang yang ada di sekitar Anda.

Bagaimana cara mengenali tipe teman yang positif dan negatif? Apa ciri-ciri yang biasanya ditunjukkan untuk mengidentifikasinya?

Khawatir berlebihan

Tipe orang negatif akan berfokus pada kekhawatiran. Mereka selalu mengantisipasi hal-hal salah menurut pandangannya meskipun sesungguhnya hal itu sebenarnya benar bagi mereka.

Pesimis

Mereka tidak pernah membuka mata kepada sisi kehidupan yang tampak terang. Bahkan untuk hal-hal kecil, mereka akan mulai berpikir tentang hal-hal buruk. Misalnya, berpikiran buruk tentang kondisi lalu lintas, cuaca atau rasa makanan di restoran. Wajah mereka minim dengan senyuman dan jarang sekali untuk memikirkan sesuatu yang menyenangkan dan  membahagiakan. Mereka juga akan membayangkan bahwa segala sesuatu tampak salah.

Suka Mengeluh

Pribadi yang negatif adalah tipe yang akan kerap mengeluh. Keluhan-keluhan itu akhirnya membuat mereka hidup tanpa kenyamanan. Mereka memiliki keyakinan bahwa seluruh dunia sedang menantang mereka. Hidup mereka tidak akan pernah lengkap tanpa keluhan, seperti keluhan akan cuaca, pembantu rumah tangga, tempat kerja hingga masalah harga bahan kebutuhan yang tinggi.

Takut Mencoba

Pribadi negatif takut meninggalkan zona nyaman kehidupannya. Mereka tidak mau menghadapi kemungkinan yang lebih menakutkan, ketidaknyamanan, tantangan atau kegagalan. Itu sebabnya mereka tidak pernah mampu mencoba pengalaman baru dan selalu merasa sudah cukup di posisi saat ini.

Kurang Berprestasi

Kegagalan bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah pikiran negatif. Pribadi negatif biasanya akan berpikir bahwa mereka tidak cukup pintar, atau tidak cukup baik. Pikiran negatif ini akhirnya membunuh kecerdasan emosional mereka yang sebenarnya baik. Masa depan menjadi mimpi buruk yang menghantui. Mereka tidak pernah peka dengan kesempatan besar dan bahkan sama sekali tidak pernah berpikir tentang membuat perubahan karena mereka tidak melihat perubahan itu terjadi dalam hidupnya. Bagi mereka, hidup adalah perangkap yang terpasang di sebuah terowongan yang gelap.

Penguras Energi

Tipe negatif akan selalu merugikan orang lain karena mereka akan berusaha menyedot semua energi Anda. Mereka hanya membangun hal positif di sekitar mereka dan Anda akan benar-benar lelah dengan segala emosi dan tindakan mereka yang memancing amarah.

Minim Pengalaman

Kebiasaan hidup di zona nyaman membuat mereka menjadi pribadi yang minim pengalaman. Orang ini biasanya akan sulit bersukacita dan bersyukur. Mereka juga tidak pernah mengakui keindahan dan kegembiraan yang ada di sekitarnya. Hidup sama sekali tidak punya sisi yang menarik.

Kemarahan, kekhawatiran, kurang percaya diri, murung dan cemas adalah benih-benih jahat yang merusak masa depan seseorang. Saat seseorang masih memiliki sisi negatif itu di dalam dirinya, itu berarti bahwa gambar dirinya sudah rusak. Tiada yang lebih baik selain membimbing mereka untuk mendapatkan kembali pandangan yang benar akan dirinya sendiri dan juga kehidupan. Anda tak perlu menghindari teman tipe ini, tetapi bimbing dia untuk menjadi pribadi yang positif dan menyenangkan.


Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Sumber : Timesofindia.com/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami