Ini 4 Pola Asuh Anak yang Harus Diketahui Orang Tua

Ini 4 Pola Asuh Anak yang Harus Diketahui Orang Tua

Theresia Karo Karo Official Writer
2968

Seorang penulis ternama Amerika, Robert Fulghum mengatakan demikian, “Jangan mengkhawatirkan bahwa anak-anak tidak mendengarkan Anda, khawatirkanlah bahwa mereka selalu mengamati Anda.”

Ketahuilah, bahwa mengajarkan anak dengan memberikan teladan yang benar jauh lebih efektif dari sekedar menjelaskan tentang nilai-nilai kehidupan. Oleh sebab itu, evaluasi terhadap diri sendiri sangat penting bagi orang tua agar anak tidak terjebak dalam pola asuh yang salah. 

Saat ini, apakah Anda yakin bahwa pola asuh yang diterapkan benar-benar tepat bagi Si kecil? Untuk itu, terlebih dahulu kenali dahulu empat gaya pengasuhan anak:

Otoriter

Orang tua yang selalu memaksakan kehendak yang dirasanya baik bagi anak guna menghindari anak dari permasalahan di masa sekarang dan akan datang. Mereka juga menganggap bahwa semua peraturan yang ditetapkan adalah demi kebaikan Si kecil. 

Sehingga anak-anak wajib mematuhi semua peraturan. Bila dilanggar, orang tua dengan gaya pengasuhan ini akan memberikan hukuman. Mereka bahkan tidak segan memberlakukan hukuman fisik.  

Neglectful

Tergolong orang tua yang tidak begitu peduli pada kehidupan anak. Kesibukan orang tua sering membuat mereka merasa diabaikan. Sehingga anak-anak cenderung tumbuh menjadi pribadi yang tidak percaya diri, kurang mampu bersosialisasi, hingga merasa dirinya tidak berharga. 

Indulgent

Memenuhi semua keinginan anak dianggap sebagai wujud rasa sayang. Selain itu, gaya pengasuhan ini biasanya membiarkan anak-anak berbuat sesuka hati. Bila terus dibiarkan, anak akan tumbuh dengan karakter egois dan tidak bisa mengkontrol dirinya. 

Otoritatif

Merupakan orang tua yang selalu mendorong anak untuk mandiri, namun dengan batasan yang jelas. Selain itu mereka juga bersikap hangat dan penuh kasih. Anak-anak dengan pola asuh ini akan tumbuh menjadi pribadi bahagia, bisa berbaur dengan teman-teman seusianya, dan mampu menyelesaikan masalah. 

Dari keempat ini, apakah Anda menemukan gaya pengasuhan yang selama ini diterapkan bagi buah hati? Dari keempat gaya pengasuhan, tiga diantaranya kita ketahui berdampak negatif bagi tumbuh kembang anak. Sedangkan orang tua dengan gaya pengasuhan otoritatif, memberikan kesempatan anak untuk tumbuh dan berkembang dengan bahagia. Sebelum terlambat, mari kita koreksi kembali diri dan perhatikan kembali, apakah gaya pengasuhan anak selama ini sudah tepat? 

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik disini.
Sumber : Parenting/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami