Infused Water, Tren Minuman Sehat Masa Kini
Sumber: www.efektips.com

Health / 20 October 2015

Kalangan Sendiri

Infused Water, Tren Minuman Sehat Masa Kini

Lori Official Writer
6908

Infused water atau air infus adalah air mineral segar dan beraroma karena ditambahkan dengan potongan buah-buahan atau rempah-rempahan. Biasanya, buah dan rempah diiris sesuai selera dan ukuran lalu dimasukkan ke dalam air putih. Air ini kemudian didiamkan selama beberapa jam sampai sari buahnya keluar dan menimbulkan rasa dan aroma dari potongan buah dan rempah.

Anda pasti pernah bertemu dengan orang-orang yang menenteng botol air mineral yang berisi buah-buahan bukan? Ya, infused water memang telah banyak dikonsumsi oleh masyarakat sebagai pilihan air minum yang lebih sehat dibanding hanya sekedar meneguk air putih saja. Buah-buahan yang paling banyak dijadikan bahan untuk infused water adalah buah dengan kategori asam (acid) seperti lemon, jeruk nipis, stroberri, jeruk dan kiwi. Sedang sayur-sayuran dan dedaunan (rempah) yang baik untuk air infus adalah mentimun dan daun mint, daun teh dan kayu manis.  

Infused water dianggap memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena mampu:

#1 Memperlancar metabolisme tubuh

Potongan buah lemon yang dimasukkan ke dalam air mineral dipercaya sebagai sarana detoksifikasi (proses pembuangan zat-zat beracun dalam tubuh, red). Racun yang menumpuk di dalam tubuh bisa dibunuh dengan mengkonsumsi infused water buah lemon. Sehingga bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

#2 Menyegarkan tubuh

Air mineral biasa tentu saja akan berbeda dengan air mineral yang dicampurkan dengan potongan buah dan bagian rempah. Selain menambah rasa, air mineral akan terasa segar karena memiliki kombinasi rasa asam dan manis.

#3 Mengganti ion tubuh

Infused water bermanfaat sebagai pengganti ion tubuh yang hilang karena memiliki kandungan elektrolit khusus yang dihasilkan dari buah-buahan yang dicampurkan.

#4 Menurunkan berat badan

Sama seperti manfaat air putih, infused water sangat baik digunakan untuk menurunkan berat badan. Berbagai buah-buahan yang bisa dicampur sebagai penurun diet diantaranya mentimun, jeruk nipis, lemon, apel, stroberi, kiwi dan mangga.

#5 Melindungi janin di dalam Rahim

Infused water sangat baik dikonsumsi ibu hamil karena sangat baik untuk melindungi janin di dalam rahim. Untuk mendapatkan manfaat ini, pilihlah buah dan rempah yang tepat, seperti stroberi, kiwi dan mentimun. Seperti diketahui, buah kiwi bermanfaat untuk mencegah bagi dari cacat bawaan. Untuk itu akan sangat baik bila ibu hamil mengkonsumsi air mineral yang dikombinasi dengan buah kiwi setiap hari.

#6 Anti penuaan

Melindungi kulit tidak hanya bisa dilakukan dari luar saja, tetapi juga dari dalam tubuh. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi minuman kaya vitamin dan anti oksidan yang bisa didapatkan dari air mineral yang dikombinasi dengan buah-buahan. Buah blueberry atau blackberry dan biji delima akan sangat baik untuk infused water. Anda bisa memasukkan buah ke dalam air mineral, lalu rendam selama beberapa jam. Setelah itu, tambahkan es batu dan biji delima.

Cara pembuatan infused water bisa diterapkan dengan langkah yang sama pada setiap buah ataupun rempah-rempahan. Berikut langkah yang bisa dilakukan:

- Pilih buah dan rempah yang berkualitas baik. Untuk buah pilih buah yang bersifat asam, segar dan matang optimal untuk mendapatkan vitamin yang lebih banyak. Sementara rempah (teh hijau, daun mint, mentimun) pilihlah yang masih segar.

- Cuci kulit buah dan rempah sebelum diiris. Iris dengan menyertakan kulit buah (untuk buah-buahan berkulit lunak) dengan ukuran sesuai selera, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar.

- Isi air putih dalam botol minum ukuran 1.5 liter. Masukkan irisan buah atau bagian rempah sekitar 10-15 potong. Anda juga bisa membuat infused water dengan beberapa buah-buahan sekaligus. Setelah itu,   simpan dalam kulkas dam diamkan selama 6-12 jam agar sari pati buah dan rempah keluar.

- Infused water siap dikonsumsi, baik di pagi hari ataupun sepanjang hari. Buah bisa dipakai maksimal dua kali pengisian air mineral.

Hebatnya, minuman buah yang satu ini bisa dikonsumsi siapa saja, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Minuman ini bisa dikonsumsi setiap hari sebagai pengganti minuman berkafein yang kurang baik bagi kesehatan.


Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik DI SINI.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami