Theresia Karo Karo

Official Writer
4516


Pasca kerusuhan yang terjadi di Desa Suka Makmur, Gunung Meriah, Aceh Singkil, Pendeta Gereja Kristen Protestan Pakpak Dairi (GKPPD) Ewen Silitonga menyampaikan tiga harapan yang ditujukan pada pemerintah Kabupaten Aceh Singkil dan Pemerintah Provinsi Aceh.

“Saya Cuma berharap tiga hal. Pertama, pemerintah peduli  terhadap minoritas, terkhusus soal beribadah,” ujarnya seperti yang dilansir dari Tempo.co (17/10). 

Selain itu, Pendeta Ewen juga meminta agar pemerintah aktif menjaga kesatuan masyarakat. Sehingga pihak ketiga tidak leluasa memicu perpecahan dan menciptakan konflik dalam kehidupan antar umat beragama.

Terakhir, dirinya berharap agar kejadian yang sama tidak terulang kembali. “Ini adalah yang terakhir kali terjadi,” ujar pendeta Ewen. 

Gereja yang sebelumnya dijadikan sebagai tempat beribadah ini kini hanya menyisakan beton dan seng berwarna kehitaman serta lambang salib di depan gerbang utama. Tidak hanya itu, kerusuhan ini juga merenggut satu nyawa dan menciptakan ancaman bagi keamanan ribuan warga di Aceh Singkil. 

Hingga kemarin, belasan polisi dan tentara bersenjata terlihat berjaga di sekitar gereja, demi mencegah bentrokan lanjutan. Sementara itu, keadaan di Aceh Singkil terpantau aman dan pihak berwajib masih mengusut kasus ini.

Kerusuhan memang meninggalkan duka, namun jangan jadikan ini sebagai alasan untuk menebar kebencian. Selain itu, kita juga perlu bijaksana dalam mencerna setiap informasi yang bersifat menghasut.

Bila kita tidak bisa membantu secara langsung, kita masih bisa berdoa bagi pihak terkait yang berusaha mengusut kasus ini. Sehingga mereka bisa secara tuntas dan adil memproses masalah ini, agar kejadian yang sama tidak berulang di Republik Indonesia.

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik disini.

Sumber : Tempo/Jawaban.com by tk


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer

Ning Ng 21 April 2020 - 01:06:59

Kesaksian mendapat anak

0 Answer


Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Stella sherly 13 April 2020 - 13:56:27
Salam sejahtera ... mohon dukungan doanya saudara2... more..

Banner Mitra Mei 2


7259

Banner Mitra April Week 3