Luhut Panjaitan : Aceh Sudah Kondusif, Pengungsi Boleh Pulang

Nasional / 16 October 2015

Kalangan Sendiri

Luhut Panjaitan : Aceh Sudah Kondusif, Pengungsi Boleh Pulang

Lori Official Writer
2623

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut Binsar Panjaitan menyampaikan kondisi keamanan di Kabupaten Aceh Singkil paska insiden pembakaran gereja pada Selasa (13/10). Dengan itu ia menghimbau agar warga yang mengungsi segera kembali pulang ke daerah asalnya.

"Kondusif ya. Kalau nggak keliru ada 3 atau 4 (sudah jadi tersangka). Dari laporan tadi pagi semua terkendali dengan baik. Semua terkendali makin baik,” ucap Luhut, seperti dilansir Detik.com, Jumat (16/10).

Luhut menambahkan, warga yang mengungsi tidak perlu khawatir dengan bentrokan susulan sebab aparat dan pihak terkait sudah berjaga-jaga. Sehingga mereka dihimbau untuk segera pulang. “Sekarang pengungsi yang ada di luar yang jumlahnya hampir 5000 itu kita harap dalam beberapa hari ke depan sudah kembali ke tempatnya masing-masing,” lanjutnya.

Dalam proses pemulangan warga, pemerintah telah menugaskan pihak kepolisian melakukan pengawalan hingga situasi kembali normal seperti sedia kala. Saksi, sejumlah 47 orang yang sempat ditahan sebelumnya bahkan akan dipulangkan dengan pengamanan pihak kepolisian.

Pada waktu yang bersamaan, Luhut juga menyampaikan pendangannya terkait konflik yang mengatasnamakan agama tersebut. Ia menegaskan bahwa setiap pelaku yang memicu persoalan antar umat beragama sebaiknya ditindak sesuai dengan hukum yang berlaku.

“Negara ini negara hukum, negara plural. Dan saya pikir kita memberikan tindakan pada mereka yang melanggar. Saya pikir UUD cukup. Semua ada konsekuensi dan saya pikir negara sebesar Indonesia kalau ada masalah di sana sini sepanjang itu bisa kita kendalikan itu adalah rona-rona kehidupan yang tidak perlu kita khawatirkan,” ucapnya.

Hingga saat ini kondisi Aceh Singkil sudah berangsur aman dan kondusif. Sementara aparat keamanan baik aparat kepolisian, TNI dan pemerintah setempat masih terus melakukan pengamanan di sekitar Kabupaten Aceh Singkil.

Sumber : Detik.com/Cnnindonesia.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami