Oedipus Complex, Tipe Pria Pecinta Wanita Dewasa
Sumber: feed.id

Single / 13 October 2015

Kalangan Sendiri

Oedipus Complex, Tipe Pria Pecinta Wanita Dewasa

Lori Official Writer
15394


Pria yang lebih menyukai wanita lebih tua darinya sering dinilai sebagai figur yang membutuhkan figur ibu sehingga mereka mencari wanita yang tampak dewasa.   Alasan lainnya dianggap karena pria demikian hanya ingin mendapatkan teman dekat yang bisa bertukar pikiran dengannya. Apapun alasannya, tipe pria demikian ternyata punya julukan lho! Seorang pria yang menyukai pasangan wanita yang lebih tua disebut dengan Oedipus Complex.

Istilah Eodipus Complex pertama kali dilontarkan oleh Sigmund Freud dalam studi psikologinya. Namun istilah ini hampir tak pernah lagi muncul. Sigmund menggunakan istilah ini untuk menggambarkan seorang anak yang merasa berkompetisi dengan ayahnya untuk mendapatkan perhatian dan kasih sayang dari ibu. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa disebabkan oleh pola pengawasan ibu yang protektif. Akibatnya membuat anak menjadi sulit terlepas dari ikatan sosok ibu. Sehingga, untuk memperoleh perhatian pengganti mereka akan mencari wanita yang menyerupai sosok ibunya, yang banyak ditemukan dari sosok wanita berumur lebih tua.

Sayangnya, kecenderungan Oedipus Complex ini, kata pakar psikologi, bisa menimbulkan masalah dalam hubungan. Sebab pria tipe ini dinilai kurang mampu memberi perlindungan dan pengayoman kepada wanita. Tentunya hal ini akan bertolak belakang dengan tipe alamiah wanita yang butuh diayomi dan dilindungi. Pria-pria tipe ini juga akan menuntut kriteria wanita seperti sosok ibu umumnya, sehingga mereka sulit mendapatkan pasangan. Mereka tidak mampu memberikan cinta secara dewasa karena mereka sendiri merasa membutuhkan kasih sayang dan perlindungan dari ibu. Cinta mereka masih dianggap cinta yang egoistis. Wajar bila konflik mungkin saja terjadi.

Meskipun begitu, tak semua pria Oedipus Complex akan menghadapi kekandasan dalam hubungan. Mereka juga bisa menjalani hubungan dengan langgeng apabila menemukan wanita yang punya karakter keibuan dan memiliki toleransi yang besar atas sikap-sikap manja pria tipe ini. Nyatanya ada pria yang menyukai wanita lebih tua dan akhirnya mampu membangun rumah tangga bahagia.

Sayangnya pemikiran mereka bahwa wanita yang berusia di atas mereka pasti lebih dewasa tidak sepenuhnya benar. Sebab usia tidak selamanya menjamin seseorang itu matang atau dewasa secara pemikiran. Kedewasaan itu terjadi kepada siapapun melalui proses kehidupan yang dilewatinya, baik lewat riwayat pendidikan, pola didik orang tua atau karakternya secara alamiah. Seseorang yang disebut dewasa adalah dia yang bertindak dan berpikir bijak dalam menghadapi persoalan.

Apakah Anda tipe pria Oedipus Complex? Tak salah dengan keinginan Anda untuk mencintai wanita yang jauh lebih tua, tetapi tetaplah bertumbuh menjadi pria yang bisa diandalkan dan menjadi figur perlindung bagi wanita yang Anda kasihi.


Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik DI SINI.

Sumber : Fimela.com/Kompas.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami