Studi Ungkap Cara Paling Sederhana Untuk Tangani Stres
Sumber: Nonverbalforte.com

Health / 2 October 2015

Kalangan Sendiri

Studi Ungkap Cara Paling Sederhana Untuk Tangani Stres

Theresia Karo Karo Official Writer
3602

Stres dan depresi bila tidak segera ditangani, berpotensi tinggi dalam menghancurkan kehidupan seseorang. Untuk meringankan beban dalam jiwa, kebanyakan orang akan berusaha mencari pertolongan pertama dengan mencurahkan perasaannya pada seorang yang dipercaya atau bertemu dengan psikolog atau konselor. 

Namun menurut penelitian terbaru, terdapat satu cara lain yang bisa membantu seseorang dalam menurunkan tingkat stres secara signifikan. Yakni, dengan mencuci piring. Tugas sederhana ini disebut berpengaruh dalam mengatasi stres. Akan tetapi, dengan syarat bahwa kita melakukannya penuh kesadaran. 

Studi yang dilakukan di Florida State University, di Amerika Serikat ini melibatkan 51 siswa untuk mencuci piring. Namun sebelum memulainya, setengah dari siswa membaca kutipan pendek tentang mencuci piring dengan kesadaran penuh, sedangkan yang lainya membaca kutipan pencucian piring dengan deskripsi singkat. 

Meskipun kutipan deskriptif tersebut sederhana, tapi tetap tepat sasaran. Sedangkan kutipan yang dibacakan dengan penuh kesadaran, memfokuskan dirinya pada tugas tersebut. Berikut adalah kutipannya:

“Saat mencuci piring, seseorang harus fokus pada tugas ini. Artinya, saat mencuci piring seseorang harus benar-benar menyadari fakta bahwa dia mencuci piring. Sekilas hal ini mungkin terlihat sedikit konyol. Kenapa harus repot dengan tugas sederhana ini? Akan tetapi di sinilah poin berharganya. Fakta bahwa saya sedang berdiri di sini dan mencuci merupakan realitas yang menakjubkan. Saya benar-benar menjadi diri sendiri, bernafas, menikmati kehadiran saya, dan menyadari pikiran dan tindakan yang saya lakukan. Saya tidak lagi melakukan sesuatu secara sembarangan, seperti botol yang terombang-ambing di gelombang.” 

Dilansir dari Time.com, Penulis studi Adam Hanley, seorang kandidat doktor di FSU College of Education’s Counseling/School Psychology menyatakan bahwa dia sangat tertarik dengan penelitian ini. “Saya sangat tertarik pada bagaimana kegiatan sehari-hari dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran dan dengan demikian juga meningkatkan kesejahteraan yang penuh,” terangnya. 

Hasil penelitian menyatakan bahwa orang yang mencuci piring dengan penuh kesadaran (menikmati wangi sabun, merasakan suhu air, dan menyentuh piring) dapat meningkatkan mood hingga 25 persen dan menurunkan perasaan gugup hingga 27 persen. Sementara itu, para ahli menyatakan bahwa kelompok yang tidak mencuci piring dengan kesadaran penuh, tidak akan merasakan manfaatnya. 

“Tampaknya kegiatan sehari-hari yang dilakukan secara intens dan sadar, lebih mungkin meningkatkan keadaan yang penuh kesadaran”, kata Hanley.

Ukuran penelitian ini memang terbilang kecil, dengan 51 siswa, sehingga perlu diteliti lebih lanjut. Meskipun begitu, para peneliti tetap menyarankan bahwa kesadaran dapat dicapai dengan beragam kegiatan sehari-hari. Hal ini juga memungkinkan seseorang untuk mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan psikologisnya. 

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik disini.

Sumber : Time/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami