Cara Agar Karyawan Sibuk Luangkan Waktu Berolahraga
Sumber: www.timesofmalta.com

Career / 23 September 2015

Kalangan Sendiri

Cara Agar Karyawan Sibuk Luangkan Waktu Berolahraga

Lori Official Writer
1216503

Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Begitulah salah satu peribahasa yang kerap didengungkan untuk mengingatkan kita betapa kesehatan tubuh menjadi investasi paling berharga dalam kehidupan. Bayangkan saja bila tubuh Anda mengalami 5L (lelah, letih, lesu, lunglai dan lemah), tentu akan berdampak buruk pada pekerjaan atau aktivitas harian bukan?

Jika Anda menyadari bahwa kesehatan adalah aset penting dalam pengembangan karir atau pekerjaan Anda, jangan pernah abai untuk berolahraga. Luangkan sejenak waktu sekalipun begitu sibuk dengan beragam pekerjaan yang menumpuk. Caranya? Simak beberapa cara berikut ini:

 

Komitmen dari dalam diri sendiri         

Penelitian di Inggris dan Amerika menemukan perbedaan antara produktivitas karyawan yang berolahraga dengan yang tidak. Hasil penelitian menemukan bahwa karyawan yang pergi ke gym untuk berolahraga ternyata lebih produktif dan kooperatif dibanding karyawan yang tidak berolahraga sama sekali.

Hal pertama yang harus dimiliki oleh setiap karyawan adalah kesadaran akan pentingnya olahraga bagi produktivitas kerja. Apabila sudah memiliki hal ini, tentu karyawan akan dengan sendirinya berkomitmen menjaga kesehatan dengan menerapkan gaya hidup sehat dengan berolahraga secara teratur. Bagi karyawan yang beraktivitas di kantor sangat disarankan untuk banyak melakukan aktivitas aerobik, stretching dan latihan beban di pusat fitness. Atau melakukan aktivitas aerobik, misalnya lari, bersepeda dan berenang.

Lakukan olahraga ini antara 3-4 kali seminggu dalam waktu 30 menit atau minimal 15 menit saja. Dengan waktu yang relatif sedikit ini, Anda bisa meluangkan waktu untuk tetap bisa mengalahkan rasa malas dan alasan untuk mengerjakan tugas kantor.

 

Inisiatif perusahaan menyediakan fasilitas olahraga

Adalah ide yang baik ketika perusahaan menyadari bahwa karyawan sebagai aset berharga perusahaan patut didorong dan didukung secara jasmani dan rohani. Salah satu ide yang baik adalah dengan menyadari kebutuhan para karyawan akan fasilitas olahraga. Selain menjamin kesehatan karyawannya, hal ini juga mendorong karyawan yang sulit mengambil waktu berolahraga mau tidak mau bisa mengambil sejenak waktu luang yang diberikan perusahaan untuk berolahraga. Perusahaan bisa saja membangun beberapa fasilitas olahraga di sekitar kantor, misalnya lapangan futsal/sepakbola, bulu tangkis, tenis, renang atau basket. Apabila area kantor tidak memungkinkan perusahaan bisa mengambil opsi lain, seperti menyewa fasilitas olahraga dari pusat penyedia fasilitas olahraga.  

Perusahaan yang ingin karyawannya termotivasi harus mendukung kegiatan olahraga dalam berbagai bentuk, klub dan perlombaan pula. Tetapi perlu diperhatikan adalah atur rencana olahraga ini dengan baik, sehingga hal ini bisa memberi kepuasan bagi karyawan dan waktu yang dihabiskan untuk berolahraga terjadwal dengan baik dan tidak sampai berlebihan.

 

Manfaat olahraga teratur bagi karyawan

1. Karyawan yang berolahraga secara teratur akan membantunya meningkatkan produktivitas kerja, tetap bersemangat dalam mengerjakan pekerjaan kantor, dan terlatih untuk berdisiplin. Selain itu, olahraga ini juga berguna untuk menjaga kesehatan mental. Kemampuan berpikir menjadi lebih terfokus dan meredakan stres akibat deadline dan target kerja.

2. Olahraga sangat baik untuk menjaga kondisi mental karyawan yang sangat berpengaruh pada kecerdasan kognitif. Sesi olahraga bisa menjadi sesi peregangan otot dan otak.

3. Olahraga juga sangat baik untuk melancarkan kembali peredaran darah ke otak, sehingga dalam kondisi baik otak akan mampu menciptakan kreativitas dan ide-ide yang inovatif dalam mengerjakan tugasnya.

4. Manfaat lain dari olahraga bagi karyawan adalah mengobarkan semangat kompetisi dan pemikiran strategis yang terdapat dalam beberapa jenis olahraga permainan. Karyawan yang rutin berolahraga akan mampu berstrategi serta meningkatkan daya saingnya. Karyawan yang handal akan memberikan rasio kontribusi kepada profit perusahaan secara lebih tinggi.


Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini .

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami