#PrayForChile : Digoncang Gempa 8,3 SR Berpotensi Tsunami
Sumber: REUTERS/Pablo Sanhueza

Internasional / 17 September 2015

Kalangan Sendiri

#PrayForChile : Digoncang Gempa 8,3 SR Berpotensi Tsunami

Puji Astuti Official Writer
3575

Situs sosial media Twitter ramai dengan seruan untuk berdoa bagi negara Chile pagi ini, Kamis (17/9/2015) dengan tagar #PrayForChile. Negara tersebut diguncang gempa dengan kekuatan 8,3 Skala Richter pada Rabu malam pukul 19.55 waktu setempat atau Kamis, pukul 05.55 WIB. 

Pusat gempa berada di  di laut, 44 mil (70,8 kilometer) di sebelah barat-laut Kota Kecil Illapel dan 153 mil (246 kilometer) dari Santiago. Namun getarannya terasa sangat kuat hingga menggetarkan bangunan-bangunan di Ibu Kota Chile, Santiago. Masyarakat pun berlarian ke jalan-jalan dan mereka yang berada di sepanjang pantai segera menyelamatkan diri ke tempat tinggi karena adanya peringatan tsunami. Diperkirakan air laut akan mencapai daratan pada pukul 21.37 waktu setempat.

Getaran gempa ternyata tidak hanya dirasakan oleh Chile, menurut berita yang dirilis oleh BBC, beberapa wilayah di Argentina seperti Mendoza dan ibu kota Buenos Aires pun terpapar oleh getaran gempa tersebut.

Selain Chile, beberapa wilayah juga mendapatkan peringatan tsunami akibat gempa ini, seperti Peru, Hawai, beberapa wilayah di California, Amerika Serikat, New Zealand dan juga wilayah kepulauan Pasifik.

Hingga saat ini masih belum ada pernyataan resmi dari pemerintah Chile tentang  jumlah korban jiwa, namun beberapa media seperti Reuters memberitakan adanya seorang wanita yang tewas karena tertimpa tembok dan juga orang yang meninggal karena serangan jantung.

Gempa besar seperti ini bukanlah pertama kalinya terjadi di Chile, sebelumnya pada April 2014 negara ini juga diguncang gempa dengan kekuatan 8,2 SR di dekat kota Iquique dan pada Februari 2010 diguncang dengan kekuatan 8.8 SR yang menyebabkan tsunami dan menewaskan 500 orang.

Tidak seorangpun bisa memprediksi bencana seperti gempa bumi ini, dan langkah pertama yang bisa dilakukan untuk memberi dukungan pada para korban adalah doa. Jadi mari panjatkan doa untuk masyarakat Chile dan juga pemerintah mereka agar dapat dengan segera membantu para korban yang terkena dampak. Kemudian akan tiba waktunya untuk menyalurkan bantuan melalui lembaga kemanusian untuk menolong mereka yang membutuhkan.



Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik disini.

Sumber : Antaranews.com | Metrotvnews.com | Reuters.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami