10 Profesi yang Terancam Digantikan oleh Mesin Canggih (Bagian 2)
Sumber: Kompas.com

Career / 16 September 2015

Kalangan Sendiri

10 Profesi yang Terancam Digantikan oleh Mesin Canggih (Bagian 2)

Lori Official Writer
26877

Pertumbuhan teknologi yang pesat memang telah berkontribusi membantu sejumlah tugas dan pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan cepat. Bila dulunya pekerjaan mengirimkan surat masih dilakukan secara manual dan membutuhkan waktu yang relatif lama, maka kehadiran internet atau smartphone menjadikannya semakin mudah dan cepat. Teknologi menawarkan manusia zaman sekarang sebuah kemudahan yang belum pernah ada sebelumnya. Dengan itu pula beberapa profesi di bawah ini diprediksi tak lagi diperlukan karena akan digantikan dengan mesin-mesin canggih, seperti:

#6  Jurnalis Media Cetak

Peran digital saat ini berhasil menggeser segala aktivitas media yang bersifat manual, seperti media cetak. Hal ini terlihat dari penurunan minat pembaca koran dan beritanya. Untungnya profesi ini bisa dialihkan pada media digital yang akan terus membutuhkan pekerja dibidang media onlinenya.

#7 Juru Ketik

Peran juru ketik di masa mendatang diprediksi akan beralih ke mesin atau software pengenal suara. Saat ini para ahli dan perusahaan teknologi sedang mengembangkan alat tersebut untuk kebutuhan di masa depan.

#8 Akuntan keuangan

Akuntan memang menjadi profesi yang membutuhkan ketelitian da keahlian dalam sistem perhitungan uang. Dalam sebuah perusahaan, akuntan berperan sebagai kontroler keuangan sekaligus auditor yang mengklarifikasi keuangan perusahaan. Tetapi di masa depan profesi ini justru diprediksi akan diganti oleh software atau aplikasi seperti ERP yang dapat memberikan statement keuangan dengan sangat cepat dan mudah digunakan. Kebutuhan akan akuntan terus berkurang sekarang ini dan bidang kerjanya juga telah diperluas hanya menjadi manager keuangan yang merangkap bidang kerjanya sendiri.

#9 Tukang Pos

Meski dalam beberapa hal jasa pos masih dibutuhkan, tetapi lambat laun peran surat berbentuk fisik ini bahkan sudah mulai diganti dengan email atau surat elektronik. Peralihan ini diprediksi karena selain hemat, pengirim surat juga tidak perlu menghabiskan banyak waktu.

#10 Operator Telepon

Sama seperti resepsionis, tugas penerima panggilan dari konsumen sudah mulai tergantikan oleh mesin penjawab otomatis.

Jangan berkecil hati jika salah satu profesi di atas adalah posisi Anda saat ini. Sebab Anda juga bisa mengambil kesempatan lain yang juga memerlukan keahlian Anda yang lain. Tetaplah mengembangkan diri di ebrbagai bidang sesuai bakat Anda dan jadilah sumber daya yang tak tergantikan dengan mesin tercanggih apapun.


Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Let share! Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati  oleh artikel-artikel di Jawaban.com  seperti Anda. Caranya? Klik di Sini.

Sumber : Kompas.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami